Ini Teknologi Masa Depan Kawasaki (Video) - Kompas.com

Ini Teknologi Masa Depan Kawasaki (Video)

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 25/11/2016, 16:02 WIB
Motorcycle.com Kawasaki kembangkan teknologi artificial intelligent.

Tokyo, KompasOtomotif – Produsen kendaraan roda dua asal Jepang, Kawasaki., mengumumkan kalau mereka sedang membangun teknologi artificial intelligence system (AI) pada motornya. Sistem tersebut memungkinkan tunggangan bisa berkomunikasi dengan si pengendara.

Mengutip Motorcycle.com, Jumat (25/11/2016), meski baru masuk tahap awal, Kawasaki sudah merilis video yang menggambarkan bagaimana teknologi itu bekerja. Memang seperti dalam film-film fiksi, tapi siapa sangka kalau ke depannya akan menjadi kenyataan.

Proyek yang disebut The "Rideology" AI ini berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi Softbank. Kawasaki mengatakan kalau AI yang ada pada sepeda motor, memiliki beberapa kepribadian dan akan belajar dari pengendara. Lalu membuat penyesuaian sesuai kemampuan dan preferensi biker.

Di dalam video digambarkan dengan jelas, bagaimana AI secara lisan berkomunikasi dengan pengendara, memberikan informasi tentang pola cuaca dan potensi bahaya. Teknologi ini juga bisa mendeteksi sinyal lalu lintas, dan kemudian menginstruksikan pengendara untuk melambatkan kendaraan.

Kawasaki mengatakan akan memberikan update lebih lanjut, terkait dengan progres proyek. Menarik untuk dinanti, bagaimana ini akan terealisasi pada sepeda motor. Sebelum Kawasaki, teknologi artificial ini sebelumnya sudah dikampanyekan oleh Toyota dan Honda.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan

Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM