Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Terakhir Malaysia Gelar Formula 1

Kompas.com - 22/11/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Sepang, KompasOtomotif - Setelah 17 tahun berturut-turut sejak tahun 1999 mengelenggarakan Formula 1, Grand Prix Malaysia 2018 akan menjadi yang terakhir. Menteri Pariwisata dan Budaya Datuk Seri Nazri Aziz mengatakan, pemerintah tidak akan memperbaharui perjanjian setelah berakhir di 2018.

"Perjanjian saat ini adalah dari tahun 2016 ke 2018. Jadi sekali berakhir, tidak akan ada lebih F1 di Malaysia," ujar Nazri, sependapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Khairy Jamaluddin yang juga mengatakan bakal men-drop gelaran F1 di negerinya, mengutip Paultan, Senin (21/11/2016).

Khairy menyatakan, kalau Malaysia mungkin lebih baik untuk istirahat menjadi tuan rumah grand prix. Ini karena pengeluaran yang cukup besar dan tidak membawa hasil yang diperlukan bagi pemerintah.

Baca juga : Singapura Tak Lagi Gelar Formula 1?

Nazri menambahkan, negara tidak mendapatkan hasil seimbang dari dana yang dihabiskan pada setiap penyelenggaraan. "Kehadiran F1 menurun dan kurang  daya tarik sekarang. Kami menghabiskan 300 juta ringgit setahun atau Rp 923 miliar, dan kami bahkan tidak membuat kembali 300 juta ringgit," ucap Nazri.

Nazri melanjutkan, salah satu faktor besar menurunnya minat, yaitu kegagalan driver  Malaysia mencapai papan atas di balapan Formula 1.  "Ini adalah cerita yang berbeda untuk MotoGP, karena minat itu masih ada. Kami akan kehilangan pariwisata banyak jika MotoGP dihentikan," ucap Nazri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com