Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Ikut Moto2 Gunakan Mesin Honda

Kompas.com - 14/09/2016, 18:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Mattighofen, KompasOtomotif – KTM akhirnya mengumumkan terjun di kelas Moto2 mulai musim depan, berkolaborasi dengan tim Ajo Racing. Pebalap pun ditunjuk, yakni Brad Binder dan Miguel Oliveira, salah satunya mengisi tempat yang ditinggalkan Johann Zarco.

Tim Ajo menanggalkan sasis Kalex, lalu ganti milik KTM untuk mendukung program penjenjangan karir pebalap muda KTM. Merek asal Austria ini pun punya tim di semua kelas balap, mulai FIM CEV Moto3-Moto2, Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Proyek sasis KTM cukup menarik, berbeda dengan sasis-sasis lain yang digunakan di Moto2 seperti Kales atau Speed Up. KTM menggunakan tipe teralis dengan lengan ayun aluminium dan suspensi WP. Sayang, sasis itu harus ”melacur” dengan mesin Honda CBR600RR.

Ya, Moto2 masih menjalani musim kontrak dengan pemasok mesin tunggal, yakni Honda. Kerjasama itu masih panjang sampai musim 2019 berakhir. KTM pun terpaksa mengawinkan sasis bikinannya dengan ”mesin orang lain”.

Ciri khas rangka teralis itu konsisten ditunjukkan KTM sebagai filosofi desain. Tak hanya di Moto2, tetapi juga diterapkan pada Moto3 dan kini MotoGP. Motor-motor produksi mereka juga menerapkan hal yang sama.

Masuknya KTM di Moto2 bukan berarti akan menjadi kandidat menggantikan Honda. Dorna belum memutuskan dan sudah membuka penawaran terhadap merek-merek motor untuk menjadi pemasok mesin yang murah buat pebalap Moto2.

CEO Stefan Pierer pun sampai saat ini masih konsisten dengan pernyataan bahwa pihaknya belum tertarik menjadi pemasok mesin Moto2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com