Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Resmi Umumkan Buka Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 15/08/2016, 19:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – KTM melalui distributor tunggal PT Penta Jaya Laju Motor (Penta Jaya) mengumumkan strategi bisnis baru di Indonesia. Pabrik perakitan siap dibuka, berjalan atas buah kerjasama antara KTM Austria dan Bajaj Auto Limited (BAL).

Pabrik perakitan itu akan dibangun di daerah Gresik, Jawa Timur, seluas 15.000 m2. Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk penetapan lokasi dan berbagai peralatan. Dalam 1,5 tahun ke depan, Penta Jaya menjanjikan pabrik ini sudah beroperasi.

"Kami akan merakit model-model 250 cc dan 200 cc yang ada di lineup Duke dan RC. Tahap awal, produk akan didistribusikan di jaringan diler kami di Jakarta dan Bandung, selanjutnya ke kota-kota lain di Indonesia," kata Presiden Direktur Penta Jaya, Kristianto Goenadi, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Senin (15/8/2016).

Target awal, dalam sebulan, KTM Indonesia akan merakit 600 unit motor dalam skema Completely Knocked Down (CKD) per bulan. Atau, target per tahun mencapai 10.000 unit. Kristianto mengatakan bahwa jumlah itu akan bertambah menjadi 30.000 unit dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Karena sifatnya lokal, KTM Indonesia akan menarik 120-150 orang tenaga kerja lokal dengan sistem assembling yang ada saat ini. Tak hanya tenaga kerja, komponen lokal juga akan diberikan secara bertahap, terutama yang memiliki SNI.

"Tapi kami tegaskan bahwa barang yang diproduksi akan sama kualitasnya. Tidak ada penurunan, model, komponen, dan barangnya tetap kualitas Eropa," kata Kristianto.

Strategi baru ini memungkinkan KTM Indonesia menjual motor dengan harga yang lebih murah ketimbang impor dari India. Saat ini saja, model Duke dan RC 250 cc sudah mengikuti harga CKD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com