Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseriusan Honda Gandeng Basket Indonesia

Kompas.com - 04/09/2016, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan rangkaian kompetisi basket Honda Development Basketball League (Honda DBL) yang sebelumnya telah digelar di 25 kota di Indonesia. Bekerjasama dengan PT DBL Indonesia, kompetisi basket antarpelajar ini punya goal akhir mewujudkan mimpi anak bangsa untuk berkiprah sebagai pebasket profesional di masa depan.

Dukungan terhadap generasi penerus bangsa yang memiliki talenta basket digulirkan Honda DBL selama 9 tahun, mengajak para pelajar tingkat SMA untuk mencetak prestasi di dunia olahraga basket.

Tahun ini, pebasket muda Honda DBL berkompetisi hingga tingkat nasional yang digelar di Surabaya, Jawa Timur (2/9/2016). Di babak final, dipilih tim, pemain, dan pelatih terbaik di setiap kota untuk meningkatkan kompetensi basket hingga level internasional.

Nantinya, mereka akan belajar dan bertanding dengan pebasket muda dari kota San Fransisco dan Sacramento, Amerika Serikat, pada 6-13 November 2016.

Kompetisi ini berlangsung sejak 12 Februari hingga 2 September 2016, dibuka untuk para pelajar di 25 kota dan 22 propinsi, yakni Banda Aceh, Medan, Palembang, Jambi, Padang, Pekanbaru, Lampung,  Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Makassar, hingga Jayapura.

AHM Final Honda DBL secara resmi dibuka di Surabaya, Jawa Timur (2/9). Rangkaian kompetisi basket antar pelajar yang telah digelar di 25 kota dari 22 provinsi ini berupaya mewujudkan mimpi pebasket muda berbakat untuk berkiprah menjadi pebasket profesional masa depan.
Minat pelajar tersedot, dan menjadi pusat perhatian lebih dari 910.152 pasang mata di seluruh Indonesia atau meningkat 6 persen dari tahun lalu. Sebanyak 21 tim bertambah dari tahun 2015 menjadi 1.161 tim dari 803 sekolah di penjuru nusantara turut berpartisipasi. Mereka bersaing di kompetisi yang menerapkan sistem student athlete dengan menempatkan pendidikan sekolah sebagai prioritas utama.

Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division AHM mengapresiasi para pelajar Indonesia yang memilih Honda DBL sebagai wadah penyaluran bakat dan prestasi basketnya.  Konsep yang diterapkan dalam Honda DBL sejalan dengan komitmen AHM dalam mendukung keberhasilan generasi penerus bangsa dalam mencetak prestasi dengan tetap mengutamakan pendidikan formalnya.

”Honda DBL tidak hanya untuk mengembangkan bakat dan prestasi di dunia olahraga basket, namun juga untuk menularkan semangat sportivitas dan terus berprestasi sesuai bakat dan minatnya. Kami ingin talenta para pelajar di tingkat SMA ini dapat semakin terasah dan menjadi kebanggaan bangsa sebagai tim DBL Indonesia All-Star 2016,” kata Indraputra dalam siaran resmi (3/9/2016).

Sistem yang diterapkan di Honda DBL ini menerapkan syarat bagi pelajar yang mengikuti kompetisi  Honda DBL juga memiliki prestasi akademik yang bagus. Profesionalitas peserta saat kompetisi ini pun juga diuji. Mereka harus berperilaku baik, saat di lapangan maupun di luar area pertandingan. Selain itu dalam gelaran Honda DBL, penonton pun dilarang membawa rokok ke area pertandingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com