Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang Ninja dari India Mulai Dites

Kompas.com - 02/08/2016, 11:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Kembaran BMW G310R dari TVS mulai berkeliaran di jalan. Sepeda motor yang diberi nama Akula 310 Concept dan akan punya nama produksi Apache RTR 300 itu ketahuan sedang dites untuk pertama kalinya.

DriveSpark melansir gambar-gambar hasil jepretan mereka, (1/8/2016). Motor masih diberi stiker-stiker kamuflase, namun 90 persen tunggangan yang dites itu adalah Apache RTR 300. Dari lekuk bodi juga sudah dipastikan ada kemiripan dengan BMW G310R.

Hasil kolaborasi antara TVS Motor Company India dan BMW Motorrad Jerman itu cukup bikin penasaran penggemarnya. Apalagi, motor ini menjanjikan performa khas mesin BMW yang galak, hasil pengembangan BMW khusus untuk kendaraan berkapasitas silinder kecil.

”Akula” sebenarnya adalah bahasa Rusia yang berarti ”hiu”. Nama ini dianggap cukup mewakili karakteristik agresif pada motor yang sudah punya fairing penuh itu. Pemilihan nama ”Apache” sendiri diharapkan agar lebih familiar.

Alasan  lain pemilihan nama Apache juga dimaksudkan untuk memperpanjang generasi nama ini untuk sepeda motor dengan performa tinggi.

Apache RTR 300 tidak akan dibekali bodi karbon fiber seperti konsep Akula. Fitur kunci yang akan tersemat adalah munculnya tameng angin (windshield), garpu depan upside down, suspensi belakang monokok, sistem rem dengan ABS, dan panel instrumen full digital.

Mesin tentu akan sama dengan BMW G310R, pakai tipe 313 cc silinder tunggal, berpendingin cairan. Motor ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 34 tk @ 9.500 rpm dan torsi 28 Nm @7.500 rpm. Mesin BMW pertama di bawah 500 cc itu akan dipasangkan transmisi 6-percepatan.

Di pasar, TVS bakal menantang kemakmuran Ninja 250 atau 300, Yamaha R25, dan Honda CBR250RR yang baru saja meluncur dari Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com