Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Mobil Listrik Nissan Makin Ekstrem

Kompas.com - 22/06/2016, 16:27 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif – Eksekutif Nissan mengonfirmasi bahwa model Leaf tak lama lagi akan ganti baterai yang lebih kuat. Ini akan membuat salah satu mobil listrik paling sukses di dunia itu semakin jauh melaju, yakni hingga sampai 200 mil atau 320-an km sekali isi baterai penuh.

Adalah Kazuo Yajima, Global Director of EV and HEV Engineering Nissan, yang menyatakan hal ini kepada Autoblog, (20/6/2016). Baterai 60-kWh akan menjadi menu utama masa depan Leaf. Kendati demikian, Yajima menolak untuk memberi keterangan waktu peluncurannya.

Baterai spesifikasi itu berarti menaikkan kemampuan Leaf dua kali lipat dibandingkan dengan model saat ini. Jika baterai 30-kWh yang digunakan Leaf saat ini mampu menempuh jarak 107 mil (172 km), maka baterai 60-kWh bisa lebih dari 320 km.

Jarak tempuh itu juga akan mengantarkan Nissan Leaf bersanding dengan mobil-mobil listrik lain yang punya kemampuan serupa, misalnya generasi baru chevrolet Bolt dan Tesla Model 3.

Nissan sepertinya akan menunda dulu pengenalan baterai lebih besar ini sampai generasi terbaru Leaf melakukan debut. Tidak ada patokan waktu, dan Leaf generasi saat ini usianya sudah mencapai hampir 6 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com