Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Bersama Generasi Baru C 300 Coupe

Kompas.com - 20/05/2016, 09:44 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sepang, KompasOtomotif – Setelah diluncurkan resmi di Malaysia, pekan ini, Mercedes Benz C Class akan menyusul dipasarkan ke Indonesia, yakni varian tertinggi C 300. Kemungkinan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) baru akan meluncurkan pada Agustus 2016, bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Saat diluncurkan, KompasOtomotif berkesempatan menjajal produk baru kupe Mercy ini di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pastinya Ini tentu jadi kesempatan yang menyenangkan, walau sulit dipungkiri, ada sedikit rasa tegang.

Prosesi pengetesan didampingi oleh instruktur Mercedes Benz, yang memberikan arahan-arahan terkait racing line dan kapan menginjak gas kemudian melakukan pengereman.

Saat dipanggil dan dipersilahkan memilih tipe kendaraan yang akan dicoba, KompasOtomotif tentu mengarah pada tipe yang akan masuk ke Indonesia, C 300. Buka pintu mewah dengan frameles door kemudian masuk dan duduk di jok pengemudi. Posisi jok diatur elektrik, agar duduk nyaman, dengan menggeser beberapa tombol yang ada di panel pintu.

Desain jok sangat nyaman, dan tubuh sepertinya tidak mudah lelah meski berkendara dalam jarak tempuh jauh atau dalam kemacetan. Kaki penemudi juga memiliki ruang yang lebar. Kemudi juga bisa diatur ke atas dan ke bawah sesuai kebutuhan, lengkap dengan berbagai tombol pengontrol.

Ghulam/KompasOtomotif Mercedes Benz C 300 Coupe.

Performa

Masuk ke posisi transmisi “D” dengan menggeser ke arah bawah tuas yang ada di belakang kemudi sebelah kanan (seperti tuas lampu sein di mobil Jepang), gas mulai ditekan perlahan, dan masuk ke dalam sirkuit dari dalam pit. Instruktur memang mengarahkan para pengetes untuk lebih bisa menjajal performa C 300 di dalam sirkuit.

Saat melalui beberapa tikungan, kemudi mobil (handling) bisa dijinakkan dengan baik dan terasa stabil, meski dalam kecepatan tinggi. Sepanjang sesi, mode berkendara yang digunakan hanya sport, tentu agar bisa menikmati performanya.

Setelah mendapat izin, KompasOtomotif  lantas tidak ragu-ragu lagi menginjak gas dalam-dalam, ketika masuk ke trek lurus. Hentakan tenaga, waktu kick down cukup terasa tiap kali perpindahan transmisi dan berlangsung cukup mulus. Rem dengan sitem ABS juga berfungsi baik, ketika KompasOtomotif melakukan hard braking, mobil tidak melintir atau keluar jalur.

Di atas kertas, C 300 memiliki kubikasi 1.991cc 4-valve per cylinder, sanggup menyemburkan sanggup menyemburkan tenaga 245 tk 5.500 rpm dengan torsi 370 Nm @1.300-4.000 rpm. Transfer tenaga memanfaatkan 7G-Tronic ditambah dengan 7-percepatan transmisi otomatis.

Nampaknya akan lebih menyenangkan lagi, jika mendapat kesempatan untuk mengujinya di jalanan ibukota. Tentu untuk menikmati “sisi lain” dari dualisme kepribadian (sporty dan mewah) Mercedes Benz C Class C 300 Coupe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com