Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solar Dexlite Rilis Bulan Depan

Kompas.com - 27/03/2016, 09:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Manado, KompasOtomotif – Produk bahan bakar baru dari jenis solar, Dexlite (sebutan produk ini pada pemberitaan sebelumnya Solarlite), akan diluncurkan PT Pertamina (Persero) pada April tahun ini. Produk ini punya kualitas lebih baik dibanding solar biasa.

“Dexlite sudah bisa digunakan untuk kendaraan roda empat bermesin diesel, yang sudah mengadopsi teknologi Common Rail. Pokonya bulan April dan harganya kurang dari Rp 7.000,” ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Sabtu (26/3/2016).

Ahmad melanjutkan, Dexlite punya angka setana (Cetane Number) 51, lebih tinggi dari solar biasa, juga dengan kandungan sulfur di 1.000 ppm. Posisi solar baru ini, akan berada di antara Solar dan Pertamina Dex.

Perubahan Pola Industri Otomotif

Ahmad Melanjutkan, penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) Solar, masih rendah di Indonesia, dibanding dengan bensin. Salah satu penyebabnya karena kualitas solar yang buruk. Maka dari itu Pertamina coba hadirkan solar berkualitas dengan harga terjangkau.

“Padahal, jika dikomparasi dengan mesin berbahan bakar bensin, solar punya emisi lebih bersahabat dan efisien. Lebih dari itu, kalau ini jadi terobosan, tentunya akan mengubah pola industri otomotif yang beralih ke mesin diesel,” ujar Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com