Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solarlite "Menu Baru" Pertamina Disajikan Tahun Ini

Kompas.com - 25/02/2016, 17:07 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif — PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru bernama Solarlite. Saat ini, BBM untuk mesin diesel itu masih dalam tahap studi, dan direncanakan dijual mulai semester kedua tahun ini.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kini pihaknya masih terus melakukan studi untuk mendapatkan hasil sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Sebab, kualitas Solarlite nantinya harus di bawah Pertamina Dex.

"Kami terus uji agar mendapatkan spesifikasi yang sesuai harapan. Targetnya, kami luncurkan tahun ini pada semester kedua. Tepatnya kuartal berapa, saya belum bisa bocorkan karena masih menunggu hasil uji lab," ujar Wianda saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (25/2/2016).

Secara segmentasi, Solarlite akan mengisi ceruk antara Pertamina Dex dan Solar (biasa). Belum dijelaskan, kadar sulfur yang bakal terkandung di dalamnya. Pasalnya, spesifikasi ini nantinya bakal menjadi acuan bagi konsumen, khususnya mereka yang memiliki kendaraan pribadi bermesin diesel dengan teknologi common rail.

Setelah uji lab, lanjut Wianda, langkah yang harus dilakukan selanjutnya oleh Pertamina adalah mendaftarkan Solarlite ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas).

"Setelah mendaftarkan nama itu, Solarlite mulai kita jual, tetapi secara bertahap seperti saat dulu menjual Pertalite," kata Wianda.

Harga

Wianda melanjutkan, karena level spesifikasi yang berada di bawah Pertamina Dex, harganya pun pasti lebih murah. Setelah hasil pengujian dan pendaftaran ke Ditjen Migas, maka harga jualnya segera ditentukan.

"Sekarang ini, Pertamina Dex dijual Rp 9.600 per liter. Pasti di bawah itu harganya. Namun, saya belum bisa bocorkan berapa karena kami juga belum menentukan. Yang jelas lebih murah. Bisa jadi, beda sama seperti penentuan harga Pertalite dengan Pertamax atau dengan Premium," ujar Wianda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com