Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Merek Mobil yang Belum Mampu Berjualan di Februari 2016

Kompas.com - 16/03/2016, 17:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Merujuk data wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan awal 2016 menurun 5,2 persen dibanding 2015. Dua bulan pertama tahun lalu tercatat 182.934 unit, sedangkan 2016 ini hanya 173.252 unit.

Meski penurunannya tidak signifikan, tetapi ada beberapa produsen yang belum melakukan aktivitas penjualan. Seperti Geely, Smart dan Jaguar sama sekali tidak menjual mobil dalam dua bulan pertama tahun ini.

Merek lain seperti FAW, Infiniti, Man Truck, dan VW Commercial, terjadi penurunan. Bulan sebelumnya berhasil melego satu atau dua mobil, di Februari 2016 ini sama sekali tidak ada.

Jika dibandingkan tahun lalu (year to date) penurunannya cukup signifikan hingga bahkan ada yang sampai 71 persen seperti FAW, Geely, dan Infiniti.

Ida Bagus Dharmayana, Deputy Director Marketing & Sales Nissan Motor Indonesia (NMI) yang juga membawahi merek Infiniti, mengakui bahwa di dua bulan pertama 2016 ini tidak ada aktivitas penjualan.

“Kita akan melakukan aktivitas kembali di paruh kedua April, karena datangnya Vehicle Identifiction Number (vin) 2016 baru datang pertengahan bulan depan,” kata Ida kepada KompasOtomotif, Rabu (16/3/2016).

Sementara itu, Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) dan Chery Mobil Indonesia (CMI) Hosea Sanjaya, membantah tidak ada penjualan. “Sebenarnya ada 47 unit di awal 2016, tetapi tidak kita masukan ke data Gaikindo,” kata Hosea,” Selasa (15/3/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com