Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Ogah Jualan "Motor Murah" Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 01/02/2016, 17:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Yamaha di India siap menelurkan sepeda motor super-murah 30.000 rupee atau setara Rp 6 jutaan dalam proyek Innovative and New Development based on Responsible Analysis (INDRA). Andai dijual di Indonesia, bisakah diterima?

Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur mengatakan bahwa pasar di India dan Indonesia berbeda. Karakter dan selera konsumen juga bak bumi-langit. Konsumen di Indonesia sebagain trauma dengan harga murah.

"Sebelumnya, ingat motor China? Kelanjutannya bagaimana? Tidak bisa murah terus laris di Indonesia. Setting harga memang penting bagi kami, tapi sepeda motor harus disesuaikan dengan permintaan konsumen," ujar Masykur kepada KompasOtomotif, di sela test ride Yamaha Xabre di Karting International Circuit, Sentul, Jawa Barat, Senin (1/2/2016).

Masykur mengatakan, bisa saya YIMM menyediakan sepeda motor murah, tapi diprediksi tidak "match" dengan keinginan konsumen.

Dirinya lantas memberi contoh produk bebek kompetitor yang dijual dengan versi murah di zamannya, namun tidak diterima pasar dengan baik.

Begitu juga saat YIMM memberikan kualitas cat yang baik, dipakai 1-2 tahun masih mengilat dibanding kompetitor. Saat akan disamakan agak mencapat biaya produksi setara, penolakan datang dari konsumen karena ada gengsi tersendiri.

"Bukannya tidak ada yang mau. Market-nya bisa ada saja, pasti. Cuma secara kualitas akan hancurkan kondisi yang sekarang sedang Yamaha bangun," ucap Masykur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com