Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Lokal “All New Fortuner” Bertambah

Kompas.com - 23/01/2016, 08:23 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Toyota All New Fortuner yang diproduksi di pabrik Toyota Karawang, diklaim memiliki kandungan lokal 75 persen. Dibanding Fortuner generasi sebelumnya, terjadi peningkatan 15 persen atau yang dulu hanya 60 persen.

President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui menjelaskan, All New Fortuner memiliki kandungan lokal 75 persen. Sehingga, kemungkinan terganggu oleh naik turunnya dollar sangat kecil.

Lantas, kandungan yang belum diproduksi di Indonesia terdiri dari apa saja?

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) menjelaskan, 25 persen komponen yang belum diproduksi di Indonesia terdiri dari sasis, kaki-kaki dan sejumlah bagian di ECU (Electronic Control Unit).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Mesin Toyota All New Fortuner

“Kita akan terus berusaha untuk terus meningkatkan kandungan lokal Fortuner. Seperti Innova yang sekarang sudah 85 persen,” kata Warih menjawab pertanyaan KompasOtomotif usai acara peluncuran All New Fortuner di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Di tempat yang sama, I Made Dana Tangkas, Direktur PT TMMIN menambahkan, komponen yang belum diproduksi di Indonesia itu diimpor utuh dari Jepang dan Thailand. Meski begitu, masih terbuka luas untuk terus meningkatkan kandungan lokal Fortuner.

“Masih terbuka ruang untuk meningkatkan kandungan lokal, tinggal balik lagi kita perlu melihat lagi secara ekonominya. Pasti kedepannya akan terus ditingkatkan,” ucap Made kepada KompasOtomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com