Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Mesin Baru, Fortuner Baru Diklaim Lebih Irit BBM

Kompas.com - 22/01/2016, 18:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota All New Fortuner di Indonesia menggendong mesin diesel dan bensin model baru, yaitu New Dual VVT-i untuk bensin dan New Super GD VNT Turbo diesel. Dibanding mesin sebelumnya (2.8L bensin dan 2.5L diesel), model terbaru diklaim lebih irit BBM.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation, saat sesi tanya jawab di acara peluncuran Fortuner di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

"Efisiensi kedua mesin All New Fortuner itu 10 persen lebih hemat dibandingkan model sebelumnya," ujar Nakajima di hadapan para pewarta otomotif nasional.

Mengenai berapa angka konsumsi BBM, kata Nakajima, tidak bisa disebutkan. Sebab, tergantung perilaku mengemudi konsumen dan kondisi jalan.

"Untuk angka berapa kilometer per liternya, mohon maaf saya tidak bisa menginformasi. Karena beda pemakaian, beda juga hasilnya," kata Nakajima.

Sementara itu, untuk mesin bensin menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik, sedangkan diesel common rail. Masing-masing mesin memiliki kapasitas tangki BBM 80 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com