Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rekam Jejak" Diskon Mobil Terbesar Selama 2015

Kompas.com - 04/01/2016, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat sebagian besar peminat, harga jadi penentu utama menentukan mobil pilihan. Sebab itu iming-iming diskon dari diler merupakan madu efektif menambah ketertarikan.

Selama 2015, KompasOtomotif telah bertanya kepada banyak pihak diler untuk mengetahui berbagai rabat yang berlaku buat bermacam model.  Besaran diskon tidak selalu sama setiap bulan, pergerakannya dinamis tergantung kondisi pasar.

Diskon lebih besar hingga ratusan juta rupiah terekam berlaku buat model yang penjualannya melambat dan pada merek mewah. Besaran rabat membesar pada unit produksi berumur setahun atau lebih, juga pada model-model yang sudah mulai mengeluarkan generasi terbaru.

Selain itu potongan harga membengkak selama pameran otomotif dan menjelang akhir tahun.

Rp 900 juta

Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 lalu, Garansindo menawarkan diskon Rp 500 juta dan hadiah langsung berupa sepeda motor listrik Zero Motorcycles dan sepeda listrik Italjet. Bila diskon plus harga hadiah dikalkulasikan, total keuntungan konsumen mencapai Rp 900 juta. Promosi itu berlaku buat pembelian beberapa model tertentu dari Jeep, Chrisyler, Alfa Romeo, dan Dodge.

Selain Garansindo, merek lain juga ikutan menawarkan potongan harga pada IIMS 2015. Terbesar di antaranya Suzuki Swift produksi 2014 diskon Rp 73,9juta, Isuzu Mu-X Rp 33 juta, Ford Fiesta 46 juta, dan Ford Ecosport 41 juta

KTB Pajero Sport V6
Pada pameran lain, Gaikindo International Auto Show 2015, diskon juga tidak mau kalah. Berbagai tawaran menggiurkan yang diketahui, Honda CR-V Rp 10 juta – Rp 15 juta, Toyota Fortuner Rp 25 juta, Nissan X-Trail Rp 28 juta – Rp 37,5 juta, Mitsubishi Pajero Sport Rp 26 juta - Rp 40 juta, Chevrolet Captiva Rp 20 juta, Mazda CX-5 produksi Rp 40 juta – Rp 60 juta.

Potongan harga lebih memikat datang dari merek Eropa selama GIIAS 2015. Misalnya, BMW menjual X1 dengan potongan Rp 116 juta dan Seri 5 di atas Rp 100 juta. Mercedes-Benz juga demikian, E-Class dilego dengan rabat di atas Rp 100 juta.

kompas.com Lexus Lx 570
Selama gelaran Jakarta Auto Show 2015, Lexus datang membawa kejutan. SUV LX570 dijual Rp 300 juta lebih murah.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz
Akhir tahun

Pada Desember gelagat diler mau menghabiskan stok produksi 2014 mulai terbaca. Grand New Avanza dan Veloz ditawarkan diskon Rp 25 juta, New Ertiga Rp 19,5 juta - Rp 21,5 juta, dan Chevrolet Spin yang tinggal menghabiskan unit sisa produksi dalam negeri menjadi Rp 30 juta.

Sebelum All-New Fortuner meluncur pada akhir pekan ketiga Januari, model lama dilepas Rp 50 juta lebih murah. Toyota NAV-1 yang diisukan bakal berhenti diproduksi diberikan diskon Rp 35 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com