Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polantas Siaga Natal dan Tahun Baru dengan Operasi Lilin

Kompas.com - 22/12/2015, 16:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Polisi lalu lintas kembali bersiaga jelang perayaan Natal dan musim liburan tahun baru 2016. Operasi Lilin 2015 siap digelar dalam jangka waktu mulai 23 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016. Berbagai hal telah disiapkan, termasuk menyiagakan personil untuk mengawal arus lalu lintas.

Menurut Kasubbag Ops Lat Bag Ops Korlantas Polri AKBP Herry Sasongko Sik, pelaksanaan pengalaman arus lalu lintas pada dasarnya hampir sama dengan apa yang dilakukan Korlantas saat musim mudik dan lebaran, meski arus lalu lintas liburan tidak akan seruwet saat Hari Raya Idul Fitri.

”Tindakan polisi tetap sama, melaksanakan giat pencegahan di lokasi yang menjadi pusat giat masyarakat dalam merayakan Natal dan liburan tahun baru. Menjaga ketertiban arus lalu lintas, pelabuhan, tempat rekreasi, tempat hiburan, dan gereja yang terutama,” kata Herry, (22/12/2015) di Jakarta.

Dirinya menyadari, bahwa potensi macet di jalur-jalur utama karena banyak masyarakat yang melakukan liburan tetap cukup besar. Dalam hal ini, polisi lalu lintas sudah punya langkah antisipatif dengan melihat situasi di lapangan. Jika dirasa perlu melakukan diskresi, bisa dibuka jalur alternatif.

Polri akan menyiagakan 80.560 personil, terdiri dari 698 personil dari Mabes Polri, serta 79.000-an dari masing-masing Polda. Kekuatan itu dibantu dengan TNI dan instansi terkait seperti Dinas Perrhubungan, dengan total pesonil mencapai 65.000-an orang.

Polisi juga membeberkan kerawanan yang timbul di bidang lalu lintas pada Operasi Lilin 2015, mengerucur pada kecelakaan, pelanggaran, dan macet.

Dominasi pelanggaran lallu lintas yang banyak terjadi adalah tidak pakai helm, boncengan lebih dari dua orang, bak terbuka untuk membawa orang, dan menggunakan kendaran tidak laik jalan.

Sementara antisipas lain, polisi lalu lintas akan menyiagakan personil di lokasi tempat ibadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, guna memberikan kelancaran arus lalu lintas. Atau jika diperlukan, merekayasa jalur dan membuat alih arus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com