Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Volkswagen Coreng Wajah Jerman

Kompas.com - 10/11/2015, 12:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Grup otomotif Daimler, khawatir skandal yang dilakukan rival senegaranya, Volkswagen (VW), di Amerika Serikat, memengaruhi nama baik otomotif Jerman. Bos Daimler Dieter Zetsche mengatakan butuh waktu sampai merek-merek Jerman mendapat kepercayaan lagi.

Zetsche mengaku terkejut atas pernyataan VW yang mengindikasikan bila satu perusahaan Jerman melakukannya, maka kemungkinan besar perusahaan lain juga punya aksi serupa. Pria berkumis tebal dan putih ini mengatakan salah satu divisi mobil penumpang, Mercedes-Benz, tidak pernah memakai alat untuk mengecoh uji emisi bahan bakar.

“Saya pikir kekuatan “Made in Germany” dan industri otomotif Jerman adalah persepsi atas merek andalan yang bisa dipercaya dan ini adalah sesuatu yang bisa menghancurkan industri kita. Sekarang tergantung kami membangun kepercayaan sebab kami tidak melakukan kesalahan,” ujar Zetsche diberitakan Detroit News, pekan lalu.

Ia percaya skandal seperti VW tidak akan merambat sampai ke Mercedes-Benz. Hal itu sudah dibuktikan oleh  pihak yang meneliti “kejahatan berencana” VW, Environmental Protection Agency.

Saat diperiksa, tidak ada bukti manufaktur Jerman lain curang kecuali VW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com