Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Jepang

Mengenal Calon Pesaing Innova dari Honda

Kompas.com - 04/11/2015, 16:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtomotif – Pilah-pilih MPV baru untuk didatangkan ke Indonesia oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) mengerucut pada dua model. Salah satunya adalah Jade RS, MPV enam penumpang yang mirip generasi baru Stream, mobil keluarga yang pernah jaya dan saat ini bekasnya masih dihargai tinggi.

Konsep Honda untuk All-New Jade RS adalah menghadirkan kenyamanan serta fungsionalitas kelas minivan di dalam bodi serendah sedan. Mobil ini menggunakan platform rendah dan padat, dimana komponen bagian bawah dirancang ringkas dan efisien.

Konfigurasi bangku tiga baris menghadirkan pengalaman berbeda. Baris depan misalnya, dapat menikmati pengalaman berkendara dengan visibilitas terbaik, sementara di baris kedua juga mendapatkan area pandang depan nyaman berkat mekanisme seat sliding. Sedangkan baris ketiga dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Jade RS berkapasitas 6 penumpang, sedang dipertimbangkan masuk Indonesia.
Jade RS menggunakan mesin VTEC Turbo terbaru berkapasitas 1.500 cc. Tampaknya kecil, tapi Honda mengklaim performanya tak kalah dengan mobil 2.000-2.500 cc. Konsumsi bahan bakar bahkan sudah diklaim mencapai 18 kpl.

Platform
Demi menghasilkan kabin lapang sambil mempertahankan rendahnya kendaraan, platform rendah dan padat diterapkan untuk Jade RS. Tangki bensin dan sistem pembuangan dibuat lebih ringkas dan tipis. Suspensi double wishbone digunakan untuk menciptakan lantai serendah mungkin. Sementara lantai datar di baris ketiga terwujud berkat adanya upper arm dari suspensi depan yang melengkung.

Tinggi kendaraan hanya 1.530 mm, membuat Jade kompatibel dengan sebagian besar garasi bertingkat. Sedangkan panjang mobil mencapai 4.650 mm, ukuran yang tak terlalu menjulur.

KompasOtomotif-donny apriliananda Dashboard Honda Jade RS, panel meter digital, dilengkapi tombol pada setir. Nuansanya cukup mewah.
Interior dan Fitur unggulan
Mobil ini dilengkapi panel simetris memanjang dari balik roda kemudi hingga bangku penumpang depan, dihiasi dengan panel dekoratif bermotif perak untuk menciptakan kesan mewah. Tampilan dan tekstur materi interior menggunakan bahan premium anti-noda, mudah dirawat.

Yang menarik, Jade RS dilengkapi dengan Honda Sensing, sistem yang mendeteksi keadaan sekitar, termasuk adanya pejalan kaki atau objek berbagai ukuran dalam radius 60 meter di depan. All-new Jade juga dilengkapi sistem LaneWatch untuk menampilkan gambar kondisi sekitar secara langsung dari kamera yang terpasang pada bagian bawah spion.

KompasOtomotif-donny apriliananda Tempat duduk baris ketiga bisa dilipat 50:50.
Peranti keamanan lain cukup lengkap, mulai Vehicle Stability Assist (VSA), Hill-Start Assist, dan Emergency Stop Signal (ESS). Fitur-fitur ini merupakan standar untuk semua tipe.

Di Jepang, mobil ini dijual 2,53 juta yen, atau sekitar Rp 281 jutaan. Andai masuk ke Indonesia, harga akan menyentuh Rp 300 jutaan dan dipastikan menjadi pesaing Innova yang akan bersolek tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com