Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-R1000 Terbaru, Jelmaan GSX-RR MotoGP

Kompas.com - 22/04/2015, 14:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Suzuki siap menggulirkan superbike GSX-R1000 model 2016 dengan teknologi mutakhir. Dilansir MCN (20/4/2015), mesin akan diadopsi dari pengembangan yang dilakukan Suzuki pada GSX-RR di MotoGP yang saat ini sedang dipatenkan, yakni variabel katup VVT.

Jika benar, langkah tersebut akan jadi yang pertama di kategori superbike setelah sebelumnya Ducati juga menerapkannya pada model adventure, Multistrada. Suzuki mengklaim teknologi VVT yang mereka bawa didesain sedemikian rupa hingga memaksimalkan muntahan tenaga dan torsi.

Bocoran awal, tenaga yang akan dihasilkan bisa mencapai 200 tk. Ini akan cukup mengejutkan, terutama untuk Kawasaki yang sudah punya varian dengan tenaga serupa dengan nama H2. Bedanya, Kawasaki menggunakan teknologi turbo dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Jika Kawasaki akan unggul di segi tenaga dengan kapasitas mesin kecil, Suzuki akan percaya diri dengan pengurangan bobot kendaraan yang diklaim bakal di bawah 200 kg. Hal ini bisa diperoleh dengan meminjam sasis dari GSX-RR MotoGP, meski akan dimodifikasi di beberapa titik.

Janji lain, sepeda motor akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengendalian yang super dibanding para kompetitor. Elektronik juga akan diturunkan dari MotoGP, seperti yang dibocorkan tim insinyur pengembang MotoGP kepada MCN.

Sementara suspensi bakal mengadopsi semi-active milik Bosch, yang sudah digunakan pada Yamaha YZR-R1 dan Ducati 1299 Panigale. Harga sangat mungkin akan kompetitif dengan pengembangan yang sebagian besar dari MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com