Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeremy Clarkson "Dipecat" BBC

Kompas.com - 26/03/2015, 09:19 WIB

KOMPAS.com — Stasiun televisi BBC tidak memperpanjang kontrak pembawa acara program terkenal "Top Gear", Jeremy Clarkson. Hal ini diumumkan Direktur Jenderal BBC, Tony Hall, seperti dikutip BBC, Rabu (25/3/2015).

Menurut Lord Hall, keputusan itu diambil dengan tidak mudah. Ia juga mengakui kemungkinan besar akan menimbulkan perbedaan pendapat.

Meski begitu, Hall menegaskan bahwa ada batas yang sudah dilewati Clarkson, dan dia tidak bisa memaafkan pembawa acara itu atas apa yang terjadi dalam peristiwa ini.

Clarkson diskors pada tanggal 10 Maret lalu menyusul peristiwa yang disebut sebagai "pertengkaran" dengan produser Oisin Tymon di sebuah hotel di Yorkshire, Inggris utara.

Pertengkaran itu terjadi setelah Clarkson diberitakan berang karena tidak ada makanan hangat disediakan untuknya setelah pembuatan film. Tymon tidak menyampaikan keluhan resmi terkait insiden tersebut dan Clarkson sendiri yang melaporkan kepada pimpinan BBC.

Penyelidikan internal yang dipimpin oleh Direktur BBC Scotland, Danny Cohen, dimulai pekan lalu. Sambil menunggu penyelidikan, Direktur BBC TV, Danny Cohen, memberhentikan sementara Clarkson.

Keputusan memberhentikan Clarkson memicu munculnya sebuah petisi yang ditandatangani sekitar satu juta penggemar "Top Gear". Mereka ingin agar Clarkson dipekerjakan kembali.

Pekan lalu, dalam sebuah acara penggalangan dana, Clarkson memperkirakan dia akan diberhentikan oleh BBC, tetapi belakangan dia mengatakan bahwa komentarnya itu sebagai lelucon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com