Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pebalap Bertarung di Seri Pembuka HRC 2015

Kompas.com - 23/03/2015, 13:38 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Sebanyak 144 rider dan 234 starter meramaikan Honda Racing Championship (HRC) seri perdana 2015 yang digelar di Sirkuit Brigif Kujang II Cimahi, Jawa Barat, Minggu (22/3/2015).

"HRC tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-13 dan akan berlangsung di 8 kota. Untuk kota pertama, dilakukan di Bandung diikuti delapan kelas balap," ujar Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding and Motorsport Departemen Astra Honda Motor (AHM) dalam konferensi persnya di Bandung, Sabtu malam (21/3/2015).

Anggono menjelaskan, HRC tahun ini membawa perubahan signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya dibukanya kelas baru yaitu Honda Sport 150 cc Tune Up Seeded yang diharapkan menjadi ajang untuk menggunakan motor sport. Selain itu, sejak pelaksanaan HRC 2015, AHM menghapus kelas balap bebek 110cc 4-tak standar pemula sebagai salah satu rangkaian proses pematangan keterampilan para pebalap muda.

Ada delapan kelas balap, yakni kelas utama Honda Sport 150cc Tune up Seeded, Honda Bebek 125cc (4-tak Tune Up Seeded), Honda Sport 150cc (4-tak Standar Pemula), Honda Bebek 125cc (4-tak Tune Up Pemula), Honda CBR150R 150cc (4-tak Standar Pemula Khusus), Honda Bebek 125cc (4-tak Standar Pemula), Honda Matik 130cc (4-tak Standar Terbuka), dan Honda Matik 110cc (4-tak Standar Terbuka).

Sementara itu, Lerri GUnawan, GM Motorcycle Sales, Marketing and Logistic PT Daya Adicipta Mustika (DAM), selaku main dealer Honda di Jabar, mengatakan, HRC bisa menciptakan ruang untuk masyarakat menyalurkan minat dan hobi di olahraga sport. Hingga ke depannya, dapat mencatat prestasi baik di regional maupun nasional bahkan internasional.

"Sejak tahun 2005 DAM berkontribusi terhadap dunia balap sementara tahun 2015 DAM memiliki tiga tim balap binaan yaitu Honda Daya Racing Team, Honda Daya Jayadi Racing Team, dan Honda Daya Golden Racing Team, Tim balap binaan DAM berlaga di ajang HRC, IRS dan Motorprix," tutur Lerri.

Selain meramaikan balapan, dalam HRC kali ini, DAM menggelar Final Kontes Mekanik dan Service Advisor regional Jawa Barat. 10 finalis mekanik dan 10 finalis service advisor memperebutkan tiket ke ajang kontes mekanik dan service tingkat nasional yang digelar di Pontianak – Kalimantan Barat.

Seusai di Brigif Cimahi (Jabar), HRC akan dilanjutkan di Jateng pada 31 Mei, Banjarbaru (Kalsel) pada 14 Juni, Sidrap (Sulsel) pada 16 Agustus, Medan (Sumut) pada 6 September, Pekanbaru (Riau) pada 13 September. HRC dilanjutkan di Malang (Jatim) pada 15 November dan final di Jakarta pada 29 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com