Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Paus Benediktus dan Fransiskus Dilelang

Kompas.com - 01/12/2014, 16:28 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Rumah lelang Bonhams menyatakan akan melelang satu koleksi bersejarah, sepeda motor Harley-Davidson khusus yang ditandatangani langsung oleh Paus Benediktus. Lelang ini akan dilakukan di Les Grandes Marquez du Monde au Gran Palais di Paris, Perancis, Februari 2015 mendatang.

Pada Oktober 2012 lalu, Paus Benediktus menandatangani dua tangki Harley-Davidson dalam rangka memperingati hari jadi produsen sepeda motor asal Amerika Serikat ke-110 tahun. Tanda tangan diberikan ketika rombongan HD melakukan perayaan, salah satunya di Roma dan berkunjung ke Vatikan yang merupakan bagian dari acara tersebut.

Tangki ini kemudian di kembalikan ke Milwaukee dan dirakit menjadi satu utuh sepeda motor. Unit pertama disimpan menjadi koleksi Harley Museum, sedangkan satunya lagi FLSTC 103 Heritage Softail seharusnya diberikan pada Paus Benediktus, musim panas 2013, pada waktu perayaan.

Namun, karena keputusan Paus Benediktus mengundurkan diri dari tahta pemimpin tertinggi umat Khatolik di dunia, koleksi ini diberikan pada Paus Fransiskus, penerusnya. Menariknya, Harley ini menjadi sepeda motor kedua yang dimiliki Paus Fransiskus untuk dilelang.

Sebelumnya, Paus Fransiskus pernah menadatangani Harley-Davidson Dyna Super Glide bermesin 1.585 cc dan berhasil dilelang mencapai 329.000 dollar AS (Rp 3,7 miliar). Dana yang diperoleh disumbangkan pada Roma untuk proyek kemanusiaan.

Nilai suci
Nah, Harley-Davidson kedua yang mau dilelang dianggap punya nilai suci lebih tinggi karena merupakan kepunyaan dua Paus sekaligus. Paus Benediktus menandatangani sepeda motor ini dan kemudian dimiliki oleh Paus Fransiskus.

Sama seperti Super Glide yang dilelang sebelumnya, Softail juga dijual demi alasan aman. Hasil lelang akan disumbangkan pada “Stowarzyszenie Przyjazny Zwiat Dziecka (Asosiasi Sahabat Dunia), bentukan sukarelawan Polandia, independen, organisasi nirlaba yang peduli pada anak-anak dan keluarga miskin di dunia.

Harga awal sepeda motor ini sekitar, 18.675-31.125 dollar AS, tapi belum disampaikan berapa target hasil lelang yang akan diraih rumah lenang Bonhams.

Harley-Davidson/Bonhams Tandatangan Paus Benediktus di tangki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com