Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perdagangan Sampaikan Salut pada Dubes Jepang

Kompas.com - 18/09/2014, 12:36 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi, menyampaikan secara khusus, ucapan terima kasih kepada Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, di sela pidato pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke 22 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

"Dalam 50 detik pertama ini, saya mau mengucapkan rasa terima kasih yang sangat besar bagi Duta Besar Katori karena berkat dukungannya, industri otomotif Indonesia tumbuh sangat pesat," jelas Lutfi di sela pembukaan. Lutfi menjelaskan, ketika Yoshinori mulai menjabat sebagai duta besar di Indonesia sejak tiga tahun lalu, investasi perusahaan Jepang di Tanah Air nilainya hanya Rp 715 juta dollar AS. Setelah tiga tahun masa jabatan, investasi perusahaan Jepang sudah berlipat hingga berkali kali.

700 persen
"Naiknya bukan dua kali lipat, tiga kali, atau empat kali tapi melonjak sampai 700 persen dalam tiga tahun. Kini, di ujung masa jabatannya, beliau mau kembali ke Jepang untuk itu saya atas nama bangsa Indonesia mengucapkan banyak terima kasih," tukas Lutfi.

Pembukaan IIMS ke-22 tahun ini dihadiri sejumlah kalangan, mulai dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR, Ketua Panitia Pameran Johnny Darmawan, dan kalangan pejabat agen tunggal pemegang merek di Indonesia.

Sudirman MR mengatakan, pameran tahun ini diselenggarakan di atas lahan seluas 83.137 meter persegi, paling besar yang pernah diselenggarakan sejak 1986. Diramaikan oleh 36 merek dan 286 industri pendukung. "Kami juga mengajak industri kecil dan menengah untuk ikut serta dalam acara ini," beber Sudirman.

Tahun lalu, Pasar mobil nasional tercatat 1,229 juta unit jelas Sudriman, sedangkan tahun ini diprediksi naik tipis ke 1,2-1,25 juta unit. "IIMS sudah menjadi forum paling penting di lingkup regional, dalam lima sampai sepuluh tahun lagi menjadi forum dunia," tutup Lutfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com