Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmikan Eco Gallery di Puluhan SMA Indonesia

Kompas.com - 28/08/2014, 13:54 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyelesaikan rangkaian program Eco Youth 2014 dengan meresmikan "Toyota Eco Gallery" di SMAN 34, Pondok Labu, Jakarta Selatan, (28/8/2014).

Toyota Eco Gallery merupakan fasilitas pembelajaran yang ditunjang teknologi informasi dalam satu tempat terintegrasi di sekolah, serta didukung fasilitas laboratorium mini, fasilitas multimedia dan, pojok pamer "reduce, reuse, recycle," serta fasilitas perpustakaan dan ruang baca.
 
Pada dasarnya, Toyota Eco Gallery adalah fasilitas percontohan dari program Toyota Eco Youth. Program ini merupakan bentuk apresiasi atas partisipasi aktif dan keikutsertaan sekolah dalam program Toyota Eco Youth sejak 2005. "Ini merupakan komitmen kami dalam menggulirkan program Eco Youth, sejak 2005 sampai sekarang total biaya yang sudah dikeluarkan perusahaan mencapai Rp 32 miliar," beber Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur TAM di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2005 silam, TEY sudah melibatkan lebih dari 600 sekolah dan 753 proyek dari berbagai SMA dan sederajat, yang tersebar di seluruh wilayah di Nusantara.
 
Dua Tahap
Tahap pertama yang bergulir 2011—2012, telah diresmikan delapan sekolah dengan fasilitas Toyota Eco Gallery. Dua Eco Gallery dibangun di SMA Semen Gresik dan SMAN 6 Yogyakarta, 2011. Sisanya, enam sekolah lain menyusul setahun kemudian (2012), yaitu SMAN 7 Manado, SMAN 10 Malang, SMKN 1 Banjarmasin, SMKN 3 Madiun, SMAN 8 Pekanbaru, dan SMKN 2 Palembang.
 
Tahap kedua dilanjutkan pada 2014, dengan diresmikan fasilitas serupa di 14 sekolah, yaitu SMAN 2 Medan, SMA Krida Nusantara Bandung, SMKN 2 Semarang, SMKN 5 Surabaya, SMAN 21 Makassar, SMAN 5 Denpasar, SMAN 34 Jakarta, SMAN 9 Bandarlampung, SMKN 27 Jakarta, SMKN 2 Palembang, SMKN 6 Palembang, SMKN 1 Pungging-Mojokerto, SMAN 6 Banjarmasin, dan SMKN 3 Pontianak.

Kali ini, SMAN 34 Jakarta, sengaja dipilih sebagai lokasi peresmian ke-14 Toyota Eco Gallery (tahap kedua), dengan mengundang seluruh perwakilan sekolah lain, Sekaligus menjadi peresmian simbolis. Peresmian dilakukan oleh Suparno Djasmin dan Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com