Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdesak, Jeep Grand Cherokee Pangkas Harga di China

Kompas.com - 06/08/2014, 16:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Grup Chrysler memangkas banderol model termewah, Jeep Grand Cherokee SRT8, jadi lebih murah 65.000 yuan (Rp 123,7 juta). Selain itu, Grand Cherokee 5.7L Summit juga dipangkas 45.000 yuan (Rp 85,6 juta), karena terdesak dugaan praktik monopoli  pemerintah China.

Radio Nasional China, tanpa menyebut sumber mengatakan, Komisi Pengembangan dan Reformasi Nasional (NDRC) di Shanghai, sudah mendekati keputusan pada kasus dugaan monopoli oleh Chrysler. Radio itu juga menyatakan, Chrysler terancam hukuman jika pengumuman sudah dilakukan, dalam waktu dekat.

Selain harga mobil baru, pengurangan harga 145 jenis komponen, antara lain lampu depan, spion, dan starter hingga 20 persen dari harga sekarang.

Daphne Zheng, Direktur Pelaksana Chrysler Group China Sales Limited mengatakan, penyesuaian harga yang dilakukan bersifat sukarela. Bahkan perusahaan tengah berupaya mencari kesempatan tambahan untuk meningkatkan daya saing di pasar China.

Investigasi
NDRC juga melakukan investigasi ke beberapa merek, seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, dan beberapa merek Jepang dalam kasus yang sama. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada merek lain yang menaikkan harga suku cadang kendaraan bermotor.

Akhir Juli lalu, Audi mengatakan akan memangkas harga sampai 38 persen dan Mercedes-Benz akan menurunkan harga onderdil rata-rata 15 persen mulai September 2014.

Sembilan petugas dari Departemen Anti-Monopoli China, Senin (4/8/2014), mendatangi kantor pusat Mercedes-Benz di Shanghai tanpa membuat janji terlebih dahulu dan melakukan wawancara dadakan dengan para pekerja.

"Waktunya agak membingungkan. Ini terjadi mungkin karena pemotongan harga yang dilakukan belum memenuhi tuntutan pihak berwenang," jelas Han Weiqi, analis CSC International Holdings di Shanghai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com