Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil China Eksis di "Transformer: Age of Extinction"

Kompas.com - 30/06/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Sekuel "Transformer: Age of Extinction" lagi happening bagi penggemar film di seluruh dunia. Selain beberapa model mobil yang sudah dikenal banyak orang, seperti Chevrolet Camaro, Sonic (Aveo), Trax, atau Corvette Stingray, ternyata produk buatan China juga ikut eksis di film yang disutradarai Michael Bay ini.

Salah satu alasan, karena sebagian setting dari film ini dilakukan di beberapa kota besar di China, mulai dari Beijing sampai Guangzhou. Lantas mobil buatan China apa saja yang ikut dalam film ini, salah satunya merek Trumpchi buatan Guangzhou Automobile Group Company Limited.

Masuk AS
Hebatnya lagi, salah satu produsen mobil terbesar di China ini berambisi untuk memasarkan model pertamanya, Trumpchi GS5 ke Amerika Serikat (AS) yang berjenis SUV ini mulai tahun depan.

"Kami mau mulai mengekspor ke AS secepat mungkin dan saya percaya kalau mereka (konsumen) bisa mengetahui kalau Trumpchi cukup kompetitif," jelas Wu Song, bos Trumpchi kepada Automotive News China (29/6/2014).

Di China, Trumpchi GS5 dipasarkan dalam dua pilihan mesin. Pertama, 2.0 liter, 4-silinder, menghasilkan tenaga 174 hp dan torsi 138 lb ft. Kedua, 1.8 liter turbo menghasilkan 174 hp dan torsi 175 lb ft. Kedua mesin tersedia dalam pilihan transmisi otomatis atau manual 5-percepatan dengan sistem penggerak semua roda atau penggerak depan.

Meskipun berambisi besar, tapi untuk sukses menembus pasar AS bukan hal yang mudah dilakukan. Salah satu contohnya dialami Mahindra dari India yang berusaha menjual mobil di sini, tetapi tidak menunjukkan hasil positif. Apalagi, masih ada pemikiran negatif terhadap kualitas produk-produk buatan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com