Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Desak Otomotif Dukung IKM

Kompas.com - 13/07/2014, 15:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Washington, KompasOtomotif - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumpulkan sejumlah perusahaan besar dan multi nasional, termasuk Toyota, Nissan, dan Honda ke Gedung Putih, Jumat (11/7/2014). Obama mendesak para pelaku industri mau menyokong perkembangan unit bisnis kecil (semacam Industri Kecil dan Menengah/IKM).

Presiden meminta bagi perusahaan yang sudah bekerjasama dengan IKM untuk mempercepat sistem pembayaran mereka dalam 15 hari. Percepatan pembayaran sangat penting bagi IKM karena mereka tergantung pada arus uang masuk dan tidak memiliki sumber modal yang kuat. Dengan sirkulasi uang, IKM juga bisa lebih cepat berkembang, investasi, dan menambah jumlah pekerja.

Bagi industri menengah, inisiatif ini mampu menjamin para pemasok di bawah mereka. "Mereka juga akan memperlihatkan bisnis yang sehat itu adalah sirkulasi pasokan yang baik," tulis pernyataan resmi yang dikeluarkan Gedung Putih seperti dilansir Automotive News (12/7/2014).

Wakil Presiden Honda Amerika Utara Rick Schostek, ikut dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam bersama Billy Vickers, CEO Modalar Assemblies Innovations, perusahaan pemasok komponen yang memperkerjakan 250 orang, berbasis di Ohio.

Honda menyatakan kalau sudah membantu perusahaan pemasok dalam berbagai hal di bidang manufaktur. Selain itu, juga sudah menawarkan pembayaran lebih cepat, membantu pembelian sub komponen mahal, hingga bantuan rancang bangun.

"Kami menyadari kalau perusahaan pemasok kecil sangat ketat dalam hal keuangan. Kendala ini bisa menghambat pertumbuhan, inovasi, dan efisiensi," beber Schostek.

Inisiatif
Inisiatif pada perusahaan pemasok merupakan salah satu program yang tengah digulirkan Pemerintah Pusat AS. Pemerintah menjanjikan akan membayar lebih cepat para perusahaan kontraktor pemenang tender proyek pemerintahan. Dengan syarat, jika mereka berkomitmen mempercepat pembayaran pada perusahaan lebih kecil yang memasok kebutuhan mereka.

Gedung Putih menyatakan, program ini mempengaruhi hingga 172.000 IKM di AS dan mengumpulkan investasi baru hingga 1 miliar dollar AS sejak digulirkan tiga tahun lalu. Kini, Obama mau memperbarui program ini, sekaligus menyampaikan inisiatif di sektor publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com