Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ninja 250 Petarung Jalanan dari Banten

Kompas.com - 08/04/2014, 16:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serang, KompasOtomotif – Saking banyaknya modifikasi dengan ”bahan dasar” Kawasaki Ninja 250, muncul bermacam aliran. Mulai dari plug and play gaya moge, kustom ekstrem, sampai yang simpel hanya dengan modal aksesori. Namun Haryanto, punggawa SBM Sport Bikers, di Serang, Banten, memilih menggabungkan ketiganya.

Body Ninja 250 karburator dibedah total. Pemakaian aksesori juga menjadi proritas, dipilih berbagai peranti copotan moge. Beberapa bagian dikustom, demi menyesuaikan gaya sendiri. Secara sepintas, karakter sport kini berubah jadi sosok petarung jalanan yang jauh lebih garang.

BMS Bodi dari Baru Motor Sport, bergaya kustom.

”Jangan setengah-setengah. Semua harus total, termasuk memilih peranti yang dipakai hingga pemilihan tampang. Apa yang saya lakukan ini juga agar dunia modifikasi di Provinsi Banten semakin bergairah,” terang Haryanto.

Bodi ”plug and play
Untuk mengubah body, dirinya memesan ke Baru Motor Sport (BMS) di Palmerah Barat, Jakarta Selatan. Desain terlebih dahulu didiskusikan untuk memutuskan tampang terbaik. Intinya, mengubah kesan medium Ninja menjadi moge premium.

BMS Lampu depan mengadopsi model moge bermata dua.

Warna body dipilih kuning solid polos. Tapi Haryanto cukup piawai untuk membuat bodi tak monoton. Beberapa bagian diberi aksen silver, sementara bagian utama sepeda motor seperti rangka ditonjolkan dengan warna hitam. Pemilihan aksesori juga mempertimbangkan warna.

Stiker bertuliskan ”Kawasaki” tetap dipertahankan sebagai identitas. Tak ketinggalan juga stiker bertuliskan ”Ninja” menempel di fairing baru. Sentuhan lain, penambahan jok untuk boncenger, ditonjolkan dengan desain yang ergonomis.

Moge
Kesan moge pun diciptakan dari lengan ayun copotan Kawasaki ZX-6R, namun suspensi monosok asli masih dipertahankan. Pemilihan komponen ini dirasa pas dengan Ninja 250, karena selain satu darah, juga tak terlampau besar. Lalu, di depan, Haryanto memilih suspensi Yamaha R6.

BMS Knalpot copotan Suzuki GSX-R750.

Pelek juga diambil dari R6 dengan ukuran 3,5 X 17 di depan dan 5,5 X17 di belakang. Kemudian ban menggunakan Bridgestone Battlax BT090 120/60 (depan) dan 180/60 (belakang). Copotan lain masih mendominasi, yaitu kaliper rem dari Honda CBR600 yang dipasang di ban depan.

Selebihnya, permainan aksesori yang mempermanis penampilan. Mulai dari tameng angin, spion sporty dari Rizoma, pijakan kaki, lampu sein, sampai spakbor belakang. Kesan akhir yang menambah galak adalah penggunaaan knalpot dari Suzuki GSX-R750.

Haryanto berhasil menciptakan kendaran yang sulit ditebak. Nuansa moge muncul, tapi jauh dari kesan murahan. Rupanya tekad mengombinasikan berbagai metode modifikasi cukup sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com