Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj Kenalkan Konsep Roda Empat buat Kaum Urban

Kompas.com - 06/02/2014, 13:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Bajaj Auto tidak hanya dikenal sebagai pabrikan kendaraan roda dua dan roda tiga, kini pabrikan asal India itu mulai serius masuk ke bisnis roda empat.  Selain memperkenalkan konsep Pulsar 400SS dan 400CS di Auto Expo 2014, Bajaj juga memamerkan produk masa depan, U-Car Concept.  

Konsep ini merupakan kreasi kedua setelah RE60 yang pernah dikenalkan January 2012 lalu sebagai pesaing Tata Nano. Keduanya mengusung visi yang sama, mobil kompak, ringan, ramah lingkungan. Beratnya hanya 300 kg, emisi gas buang 60 g/km. Beda di antara keduanya, RE60 didaulat sebagai kendaraan komersial, sedangkan model produksi U-Car untuk kendaraan personal sebab hanya muat dua penumpang.

Motorbeam Bajaj U-Car Concept

Dilengkapi mesin injeksi SOHC , 4-katup, berpendingin cair, dan berteknologi tiga busi. Spesifikasinya mirip Pulsar 200NS. Memakai transmisi otomatis dan dilengkapi penyejuk udara dalam kabin. Bodi dibangun di atas platform baru menggunakan bahan plastik dan pelat baja.

Motorbeam Interior sudah dilengkapi AC dan fitur koneksi ke ponsel pintar.

Walaupun masih dalam wujud konsep, Bajaj mengatakan tidak ragu memasarkan bila respon publik dinilai cukup tinggi. Lebih dari 40 persen populasi penduduk India migrasi ke area tepi kota besar, kelebihan yang ditawarkan U-Car Concept dianggap solusi terbaik mengatasi masalah transportasi kaum urban.

Bisikan sumber internal ke beberapa media India mengatakan, versi produksinya sedang dikerjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com