Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Direkayasa dengan Watak Sport!

Kompas.com - 03/05/2013, 09:44 WIB

Yokohama, KompasOtomotif - Kendati sudah mengumumkan, mulai menjual produknya tahun depan, para tokoh yang diberi tanggung jawab oleh Nissan Motor Co., Ltd, tetap belum mau memperlihatkan sosok Datsun yang sesungguhnya. Hanya dipastikan, untuk Indonesia, Datsun yang akan dijual sebagai “LGGC” akan diperkenalkan ke publik pada IIMS 2013, akhir minggu terakhir September 2013.

Paling cepat, sosok Datsun akan bisa dilihat publik di India  pada Juni depan. Nissan atau Datsun juga sudah berjanji, khusus untuk wartawan dari beberapa media eksklusif Indonesia, India dan Rusia diberi melihat langsung wujud Datsun bulan depan.

DAT

Untuk Indonesia dan India – berdasarkan siluet yang sudah diperlihatkan - adalah hatchback, namun mesin dan perlengkapannya berbeda.  Bisa dimaklumi, karena karakteristik dan tuntutan konsumen yang berbeda.

Vincent Cobee  tokoh utama kelahiran kembali Datsun, sempat menguraikan konsep baru dibanding dengan 30 tahun lalu (merek Datsun distop pada 1981). Menurutnya, DATSUN, tiga huruf awal adalah singkatan dari Durable, Attractive dan Trusthworthy (andal, menarik dan terpercaya). Bisa pula diambil dari tiga huruf nama awal pendirinya, yaitu Den Kenjiro, Aoyama Rokuro dan Takeshi Meitaro, nantinya akan menjadi Dream, Access dan Trust. Konsep terakhir, Datsun menjadi mobil impian (dream) orang muda, harga terjangkau (Access) dan terpercaya (trust).

Sport

Untuk memberi gambaran sebagai mobil anak muda, Cobee dengan stafnya mengajak wartawan  Indonesia, India dan Rusia  bermain gokart. “Karakteristik seperti inilah yang kami tawarkan,” jelasnya kepada KompasOtomotif .

Cobee juga memperkenalkan seluruh staf dan insinyur yang bertanggung jawab menangani Datsun mulai dari desain bodi, mesin, sasis, pemasaran dan sebagainya. Di samping itu, juga memperlihatkan fasilitas pengembangan dan riset serta, tempat untuk membuat cetakannya. Bahkan memperlihatkan fasilitas tes aerodinamika (terowongan angin), uji tabrak dan simulasi ketahanan.

Cukup menarik, untuk menangani Datsun, tenaga-tenaga ahli tidak lagi ddominasi oleh Jepang, beberapa di antaranya berasal India. Misalnya, untuk unit bisinis dipercayakan kepada Ashwani Gupta dengan jabatan Direktur Pogram.

Tepatnya dari 5 tokoh utama Datsun, hanya tiga berasal dari Jepang, yaitu Motohiro Matsumura, insinyur mesin yang sudah bekerja di Nissan sejak 1981. Dua lagi, Kazuyuki Yamaguchi (hboi balap), Chief Vehicle Engineer di Departemen R&D Nissan dan Takehito Ichino, merancang bodi, sebelumnya juga terbat mengembangkan berbagai model-model top oleh Nissan Nissan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com