Sabtu, 1 November 2014

Otomotif


311RS, Mitsubishi Lancer Evo X Paling "Hot"

Penulis: Donny Apriliananda | Senin, 11 Maret 2013 | 08:49 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : autoblog | Author : -

    Tampangnya sudah berubah, mesi minim. Hanya ditambahi lidah spoiler depan, dan mrombak sayap belakang.

  • Sumber : autoblog | Author : -

    Lebih kencang, tapi bukan yang tercepat. Inilah Evo X paling ideal.

  • Sumber : autoblog | Author : -

    Dijual terbatas, hanya 11 unit.

Minneapolis, KompasOtomotif – Mitsubishi Lancer Evo X sebenarnya sudah cukup mumpuni diajak tancap gas. Kenyataanya, masih ada orang yang merasa kurang. Salah satunya adalah pebalap Ryan Gates dari Minneapollis. Ia berkutat tiga tahun mengatik-atik salah satu varian Mitsubishi tercepat itu. Hasilnya, terciptalah versi modifikasi yang dinamakan 311RS (baca three eleven RS) yang merupakan versi paling "hot" dari Mitsubsihi Lancer Evo X.

Gates paham, obesinya mewakili banyak pecinta Evo di seluruh dunia. Untuk itu, 311RS miliknya dijual dan akan melakukan debut di Minneapolis Auto Show dalam waktu dekat. Untuk sementara, hanya dijual 11 unit dan hanya bisa dibeli dari dealer White Bear Mitsubishi di White Bear Lake, Minneapolis, AS.

Mesin
So,
apa yang membuat mobil ini spesial? Untuk mesin, hampir semuanya! Saluran udara isap, intercooler, dan saluran gas buang bawaan pabrik dibuang, diganti dengan AMS. Tenaga diklaim naik menjadi 353 PS (dari 280 PS) dan torsi 486 Nm.

Memang, tenaga ini bukan yang paling besar. Masih banyak modifikasian lain yang sanggup menaiikan tenaga Evo X hingga 400-800 PS. Tapi Gates tak semata-mata menaikkan performa. Dikatakannya dari awal, ini adalah Evo X paling ideal, bukan yang tercepat.

Daya tahan mesin 4B11T tak perlu diragukan!. Mesin ini mampu menahan kekuatan besar dan terbukti berprestasi pada berbagai ajang balap. Pengembangan telah dilakukan untuk menentukan putaran yang pas, termasuk toleransi sasis.

”Pelek dan ban dicari yang paling pas. Semua dipelajari, dikembangkan dan di ujicoba, hingga membuat 311RS adalah Evo X paling ideal. Semua terasa seimbang,” tegas Gates.

Tenaga baru itu dipadukan dengan paket suspensi terbaru dari JRZ, komponen rem dari Girodisc dan pelek kustom 18 inci dari Rays berbalut ban performa tinggi merek Nitto.

Jubah baru berupa body kit membuatnya sosok mobil ini makin agresif dengan tambahan lip spoiler dengan sayap belakang versi OEM yang dimodifikasi. Harmonisasi garis biru di bagian bawah dengan warna pelek, memperkuat cita rasa balap. Tidak banyak perubahan di inerior, Gates hanya melapisi jok dengan E-Suede, yang diklaim tiga kali lebih kuat dari kulit asli dan nyaman.

Berkat modifikasi tersebut, Mitsubishi Lancer Evolution X ini dibanderol 49.000 dollar AS, atau sekitar Rp 474  juta.

Ingindetilnya? Silakan simak proses pembuatan mobil ini pada video di bawah ini.

Sumber: autoblog

Editor : Zulkifli BJ