Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, 10 Pertimbangan Sebelum Beli Moge

Kompas.com - 31/01/2013, 16:47 WIB

New York, KompasOtomotif – Niat beli sepeda motor besar (moge) dalam waktu dekat? Pertimbangkan masak-masak merek dan model apa yang cocok. Seperti dilansir situs about.com, Basem Wasef, ekspertis roda dua lulusan Freddie Spencer's School of High Performance Riding, Las Vegas, mengatakan kalau beli moge tak semudah beli skuter.

Karena merek, model, dan tipe moge sangat banyak, untuk membawa pulang harus melalui banyak pertimbangan. Bila perlu, catat yang paling diprioritaskan agar dapat yang benar-benar fit dan nyaman dikendarai. Berikut 10 pertimbangan menurut Wasef yang perlu ditimang. Soal prioritas mana yang lebih penting, Anda lebih tahu.

1. Ergonomi. Mungkin tampak sepele, tapi tidak demikian. Melihat-lihat di showroom, coba sedikit mengangkangi, lalu test ride putar-putar di sekitar komplek tidaklah cukup. Bila perlu tes agak lama, dan cobalah riding jarak jauh. Yang tampak nyaman di awal belum tentu sama untuk jarak jauh. Kalau pun tidak tes, perhatikan bobot pergelangan tangan menyanggah beban tubuh, jarak setang ke bodi, atau jauh tidaknya lipatan kaki ke belakang. Berusahalah jujur pada diri sendiri, apakah posisi tersebut sudah bikin nyaman atau belum.

2. Ketinggian sadel. Ini banyak dipertimbangkan, terutama orang Asia. Hal ini menentukan apakah Anda akan menikmati riding-nya atau tidak. Tapi jika punya trik khusus dengan sepeda motor bertubuh tinggi atau sudah biasa, go ahead!

3. Tameng Udara. Pilih paling sesuai gaya dan kebutuhan. Jika sering berjarak jauh, mendingan pakai tameng udara, atau bisa saja beli produk aftermarket-nya. Diterpa angin terlalu lama dengan kecepatan penuh membuat kondisi fatique/ lelah cepat terasa.

4. Ruang penyimpanan. Akan sangat dibutuhkan jika sering melakukan touring.

5. Fitur dan Peranti elektronik. Kontrol traksi dan ABS akhir-akhir ini menjadi fasilitas  penting buat moge dan diinstal di berbagai model. Tapi sekali lagi, pilih berdasar kebutuhan, karena fitur canggih pun kadang tidak terpakai.

6. Model. Ada beberapa model yang harus dipertimbangkan. Misalnya sepeda motor touring, ber-fairing, naked, trail, supermoto, cruiser, adventure, atau bahkan skuter besar. Kebutuhan Anda menentukan model, bukan keinginan.

7. Desain atau style. Setelah dapat model, pertimbangkan desainnya. Banyak merek dan pilih yang Anda suka dengan pertimbangan-pertimbangan lain dalam artikel ini tentunya.

8. Harga. Bisa jadi ini pertimbangan nomor wahid. Yang jelas, sesuaikan anggaran, jangan mengutamakan senang-senang tapi selanjutnya kelimpungan.

9. Keiritan BBM. Meski kebanyakan pembeli moge tak peduli soal banyaknya konsumsi bahan bakar, karena sudah hobi memang mesin ber-cc besar butuh bbm lebih banyak, tapi ada baiknya Anda mempertimbangkan isu lingkungan.

10. Suara. Coba pasang telinga, dengarkan dan bedakan raungan mesin V-Twin atau 4 silinder segaris yang paling merdu buat Anda. Karena ini berkaitan dengan kenikmatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com