Sabtu, 1 November 2014

Otomotif


Datsun Kembali 2013, Ini Komitmennya

Rabu, 30 Januari 2013 | 14:04 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : Motorstown | Author : -

    Datsun 160J atau "SSS" sangat disukai anak muda pada era 1980-an

  • Sumber : GTplanet | Author : -

    Datsun kotak masih berkeliaran di jalanan di Indonesia

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Vincent Cobee, pria yang bertanggung jawab pada bisnis Datsun di dunia, termasuk Indonesia.

Yokohama, KompasOtomotif - Setelah dihapus pada 1981 dan selanjutnya dinaungi oleh Nissan, merek Datsun yang dulu mobil-mobilnya dikenal memiliki performa mesin yang hebat (untuk sedan), kini siap masuk pasar global. Produk pertamanya akan diperkenalkan pertengahan 2013 dan mulai dipasarkan 2014 di tiga negara, yakni India, Rusia, dan Indonesia.

Untuk Menyambut kehadiran kembali, Nisan Mototr Co. mengumumkan telah menunjuk TBWA Worldwide sebagai mitra agensi global seperti disampaikan dalam rilis yang diterima KompasOtomotif, hari ini (30/1). Pemilihan ini menandai langkah penting untuk pengembangan brand. Mengingat waktu peluncuran dari sejumlah model persembahan Datsun secara global kian dekat, termasuk di Indonesia.

"Di pasar yang berkembang dengan pesat, perusahaan mengandalkan Datsun untuk kembali menjalin ikatan dengan para pelanggan yang ingin memiliki mobil dengan model atraktif, relatif terjangkau, dan - di atas segalanya - memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan," ungkap Vincent Cobee, Corporate Vice President and Global Head Datsun Business Unit.

Ditambahkannya, dipilihnya nama Datsun karena brand ini tercantum dalam portofolio mereka sebagai rekor salah satu merek yang paling dihargai sepanjang sejarah industri otomotif dunia. "Selain itu, hubungan yang terjalin antara Datsun masa kini dan lampau sangat otentik. Sama halnya dengan keinginan para pelanggan di era 1930-an sampai 1950-an untuk memperoleh mobil berkualitas tinggi dan tahan lama. Kami yakin New Datsun akan memenuhi harapan masyarakat," tegas Cobee.

Datsun Sena dan "SSS"

Di industri otomotif dunia, Datsun termasuk nama cukup dikenal dengan desain atau model yang kontemporer. Meski, baru pada 1932 nama Datsun dipakai pertama kali sebagai merek dagang. Jauh sebelum itu, pergerakan industrinya sudah dimulai sejak 1911 dengan nama "Dat Car" yang perakitannya kemudian dituntaskan oleh Kwaishinsha Motor Works (KMW) milik Masujiro Hashimoto pada 1914 sampai 1926. Tahun berikutnya, KMW berkolaborasi dengan Jitsuyo Jidosha menjadi “DAT Jidosha Seizo” yang melahirkan Datsun pertama pada 1932.

Pada 1933,Yoshisuke AIKAWA mengakuisisi Datsun dan mendirikan Nissan Motor Co, yang kemudian dilanjutkan peresmian pabrik di Yokohama dengan produksinya Datsun 14. Sejarah baru pun dicatat Datsun dengan ekspor perdananya pada 1958 ke Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, nama Datsun cukup populer di era 1960 sampai 1980-an dengan model legandarisnya Datsun P510 atau lebih dikenal dengan sebutan "Datsun Kotak" dan 160J atau "SSS" (baca; triple S) di kalangan anak muda. Di luar itu, masih ada model lain seperti Datsun pikap yang dijadikan kendaraan operasional perusahaan minyak pelat merah, kemudian 120Y (di sebut "pekjiwai").

Ketika pemerintah mencanangkan mobil nasional pada pertengahan 1970-an, di mana Toyota melahirkan Kijang, Datsun pun punya model andalan "Sena". Sayang, perjalanannya teramat singkat. Dan Indonesia sendiri, penjualan Datsun berakhir sampai 1984.


Editor : Bastian