Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan, Lamborghini Pakai Body Kit Lokal

Kompas.com - 28/01/2013, 15:45 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -  Dalam kondisi standar saja, tampilan Lamborghini Gallardo sudah eksotis. Edannya, bagi Tody yang memiliki  sportcar Italia produksi 2005 ini masih dimodifikasi lagi. Boleh percaya boleh tidak,  bodynya  rakitan lokal dan ini bukan kali pertama dilakukannya.  Sebelumnya, "korbannya"  Honda S2000 dan Nissan GT-R.

Bahan Pesawat
Umumnya, pemilik sportcar ketika mendandani banyak mengandalkan komponen atau aksesoris impor. Namun, Tody yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara, ini punya prinsip dan keyakinan. Katanya,  selama bengkel modifikasi bisa membuat dengan kualitas yang sama dan bagus, kenapa harus beli dari luar. "Enaknya lagi, kita bisa memesan desain sesuai keinginan dan tentunya lebih eksklusif," tegas pria yang baru menyandang gelar sarjana.

Bermodalkan keyakinan itu, ia lantas menyerahkan Lambo yang dibelinya miliaran rupiah diserahkan kepada Signal Kustom, Bandung untuk dimodifikasi. Body kit yang menempel antara lain bemper depan-belakang, side skirt, pembelah angin belakang (diffuser) dan juga sayap. Semua menggunakan bahan komposit, sama yang dipakai pada body pesawat Boeing. Pertimbangannya, bahan tersebut cenderung ringan dan lentur.

Menurut Tody, pengerjaannya tergolong sulit karena harus menyamakan lekukan dan sudut yang cenderung patah dan tajam. Ditambah lagi penyelarasan detail serta estettika desain produk yang tergolong eksotis ini. Karena, jika tidak sesuai, modifikasi yang menghabiskan waktu sebulan ini akan terlihat aneh dan cenderung norak.

Pakai Stiker
Setelah jadi, mobil yang aslinya berkelir silver ini diubah jadi oranye. Perubahan warna ini bukan melalui proses pengecatan melainkan penempelan stiker. Termasuk body kit kustom. Agar lebih sangar bagian tengahnya diberi strip hitam.

Selain eksterior,  ruang kokpit ikut dipermak dengan penggantian bahan kulit pada jok dan trim. Proses tersebut dipercayakan pada bengkel Vertue Concept yang menggunakan kulit Wollsdorf. Beberapa panel di dasbor juga diganti dengan serat karbon agar tampilan lebih sporty.

Sentuhan terakhir, suara knalpot dibuat lebih mengelegar agar menarik perhatian. Caranya dengan menggunakan Quicksilver Exhaust Kit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com