Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Telah Menjual 0,5 Juta Mobil Bermesin EcoBoost

Kompas.com - 20/11/2012, 06:48 WIB

Dearborn, KompasOtomotif - Ford Motor Company membuat sejarah baru, berhasil menjual 500.000 unit mobil bermesin EcoBoost sejak pertama kali dipasarkan pada 2009. Mobil ke setengah juta unit  adalah Ford Escape 2013 berasal dari pabrik Louisville, Amerika Serikat.

Generasi EcoBoost mengubah paradigma Ford - sebelumnya dikenal boros - menjadi hemat bahan bakar. Bahkan Ford bertekad jadi pemimpin pada sebagai produsen dengan mesin-mesin yang irit dan ramah lingkungan. Akhir bulan ini, delapan model sudah dipasarkan Ford, konsumsi bahan bakar rata-ratanya 17 kpl.

EcoBoost pertama kali diperkenalkan pada mesin 3.5-liter V6 untuk model Taurus 2010, Juli 2009. Model ini terjual 9.946 unit. Tahun berikutnya, model yang menggunakan mesin EcoBoost naik menjadi 15.117 unit, tahun lalu (2011) melesat tajam jadi 127.683 unit di seluruh Amerika Serikat. 

Mulai tahun depan, 90 persen lebih model Ford yang dijual di Amerika Utara akan menggunakan mesin EcoBoost. Sampai hari ini, 11 model sudah menggunakan mesin EcoBosst dan empat siap menyusul tahun depan.

Kunci
Teknologi yang mendukung performa mesin EcoBoost adalah ratusan bahkan ribuan jaringan kode komputer yang saling berhubung untuk mengoptimalkan kerja mesin dan transmisi. Lainnya adalah kombinasi sistem injeksi langsung (bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar) dan turbocharger untuk meningkatkan efisiensi kerja mesin.

Pada EcoBoost, Ford punya 125 paten, antara lain turbo, injeksi langsung, dan variable valve timming (VVT) dan yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 20 persen tanpa mengorbankan performa mobil. 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com