Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modul ESP Lebih Canggih Dari BOSCH

Kompas.com - 24/08/2012, 08:25 WIB

Gerlingen, KompasOtomotif – Produsen aksesoris dan peranti otomotif asal Jerman, BOSCH memperkenalkan sistem kontrol stabilitas ESP (Electronic Stability Program) yang diklaim lebih kapabel dan nyaman. Peranti itu dinamai ESP 9 Premium yang menggunakan enam piston kecil untuk menekan rem, bisa dipalikasikan pada mobil-mobil mewah atau mobil dengan spesifikasi mesin tinggi.

BOSCH menjamin alat dengan sesnor khusus yang lebih sigap ini akan bekerja lebih cepat ketimbang ESP yang biasa ditemui di mobil-mobil yang saat ini sudah dilengkapi sistem antisipasi mobil melintir atau hilang kendali itu.  Sensor itu juga berfungsi mengurangi getaran pada kaki ketika menginjak pedal secara mendadak dengan tekanan sangat kuat. ESP 9 Premium mempunyai berat hanya 28 ons, yang membuatnya jauh lebih ringan bila dibandingkan peranti serupa di mobil mewah.

Meski fungsi utamanya untuk mencegah mobil “ngesot”, ESP 9 Premium juga bisa dimodifikasi untuk fungsi Emergency Braking Assist (EBA), Adaptive Cruise Control (ACC). BOSCH berharap pabrikan bisa menjalin kerjasama untuk mendapatkan fungsi tambahan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com