Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Toyota Innova Diesel 2011

Hati - hati Bila Jumpa MPV Jepang Ini

Kompas.com - 06/07/2012, 15:23 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Jangan pandang remeh Toyota Innova satu ini. Terlebih jika mesin mobil Anda di bawah 500 PS, jangan sekali-sekali menantang adu kebut lurus jarak pendek. Pasalnya, MPV bermesin diesel  milik Teddy Rev, punggawa Bengkel Rev Engineering berhasil mengasapi Porsche Cayman dan Mitsubishi Lancer Turbo di ajang drag race. Bahkan KompasOtomotif dua kali menampilkan aksinya lewat video.  

Mesin Hilux
Laju Innova bisa sekencang itu lantaran mesin standarnya sudah diganti dengan Hilux, 1KD FTV 3.0 liter. "Tenaganya lebih besar 60 PS dari  Innova," jelas Teddy. Kendati komponen mesin masih standar, namun turbocharger asli bawaan mesin diganti punya  Mitsubishi TE06-24V. Turbo bertekanan sedang tersebut mampu  memasok udara dengan tekanan hingga 40 psi (2,7 bar). "Tekanan sesungguhnya lebih tinggi lagi, Namun dibatasi agar mesin aman," alasan Teddy.  

Untuk menyuplai solar sesuai kebutuhan, injektor diganti produk Nozzle 100, stage 3. Pendorongnya tak lagi mengandalkan pompa solar elektrik (fuel pump) milik Innova yang tekanan (pressure) kecil. Tidak tanggung-tanggung, Teddy memasang 3 rotor agar bisa memberikan tekanan lebih besar dan cepat.

Kustom dari Thailand
Perangkat pendukung lainnya seperti header dan waste gate didatangkan dari Bangkok, Thailand. "Sebenarnya bisa aja kita bikin sendiri, tapi takut kurang maksimal. Mereka (Bangkok) melakukan pengembangan sudah lama dan ditunjang dengan peralatan yang komplet," paparnya. Sementara bengkel Rev (saat ini) hanya mampu membuat intercooler dan piping turbo sendiri.

Engine Control Unit (ECU) dibantu dengan produk ECU Shop model stand alone, juga didatangkan dari Negara Gajah Putih. Untuk mengetahui penyetelan yang pas komputernya, Teddy sampai harus terbang ke negeri seribu pagoda tersebut. Kesempatan itu juga dimanfaatkannya mendalami teknologi performa mesin diesel. Sekaligus ia juga mendapat pelajaran memindahkan tenaga ke roda belakang dengan optimal.

Seperti dilakukannya pada Innova  dengan menukar transmisi standar sama milik Supra yang dikawinkan ke gardan Innova diesel matik. Menurutnya, rasio gigi dan final gear sesuai dengan besarnya tenaga yang dihasilkan. Guna mengurangi efek ban berputar ditempat (spin) karet bundar memakai slick merek Hoosier.

Mau tahu berapa besar tenaga hasil racikan Teddy? Innova yang sukses melibas Porsche dan Lancer itu mempunyai tenaga 480 PS. Untuk kepentingan drag race, dirinya menambahkan NOS kering sehingga bisa menghembuskan 550 PS dengan torsi 1.000 Nm. Pergantian gigi dilakukan setiap 5.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com