Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Leaf Jadi Taksi di Brasil

Kompas.com - 07/06/2012, 11:39 WIB

Sao Paulo, KompasOtomotif — Pemerintah Kota Sao Paulo bekerja sama dengan Renault-Nissan, AES Eletropaulo (perusahaan listrik), dan Asosiasi Armada Taksi Sao Paulo (Adetax) mulai mengoperasikan dua Nissan Leaf yang dijadikan taksi sebagai proyek percontohan. Langkah ini merupakan realisasi nota kesepahaman yang ditandatangani ketiga pihak, Juni tahun lalu. Isinya berupa pemakaian mobil listrik murni di ibu kota negara.

Kedua taksi Leaf akan beroperasi di jalan-jalan tertentu di Sao Paolo. Setiap konsumen, yang mau merasakan sensasi mobil listrik, bisa langsung menggunakan moda transportasi ini seperti taksi umum lain.

Taksi tersebut dikendarai pengemudi profesional yang mengetahui kebutuhan mobilitas kaum urban di ibu kota Brasil ini. Dengan demikian, konsumen juga bisa mengetahui informasi kelebihan penggunaan mobil listrik dari si pengemudi. Setelah satu semester, jumlah Leaf yang dioperasikan akan ditambah delapan unit lagi sehingga total 10 unit.

Dalam pengoperasiannya, telah disiapkan 15 titik pengisian baterai. Lima di antaranya punya kemampuan charging cepat yang disiapkan AES Eletropaulo. Hanya butuh waktu pengisian 30 menit dari kondisi kosong ke penuh.

"Ini merupakan kontribusi kami dalam pengembangan lingkungan bagi masyarakat. Melalui inovasi dan teknologi, kami bisa memberikan pengaruh baik pada lingkungan dan populasi," beber Britaldo Smith, President Energy Company AES Brasil.

Dari seluruh persiapan menuju moda transportasi yang ramah lingkungan di atas, sayangnya Pemerintah Sao Paulo tidak menjelaskan lebih lanjut salah satu yang paling dibutuhkan konsumen. Berapa argo yang harus dibayar waktu buka pintu?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com