Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skyactiv Pakai Premium, Garansi Hilang!

Kompas.com - 14/05/2012, 13:47 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Mesin Skyactiv yang digunakan Mazda pada CX-5 yang dipasarkan di Indonesia perbandingan kompresinya 13: 1. Untuk itu, Mazda Indonesia mewajibkan konsumenya harus menggunakan bensin dengan nilai oktan di atas  90. Hal tersebut, sdelain dicantumkan pada buku “Pedoman untuk Pemilik” juga pada brosur.

Lantas bagaimana pada kondisi darurat di daerah yang belum punya bensin dengan oktan 92 ke atas? “Untuk sementara bisa saja menggunakan premium. Hanya driveability-nya (respons atau tarikan mesin)  kurang mantap,” jelas Sususu Niidai, Program Manager Powertrain, Develpoment Div, Mazda Motor Corporation secara khusus kepada KompasOtomotif.
 
Namun bagaimana bila konsumen selalu menggunakan premium dan apakah garansi masih berlaku? Saat pertanyaan tersebut diajukan ke Keizo Okue, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI), menjelaskan,” Kita akan teliti dulu sebelumnya memastikan, apakah konsumen selalu menggunakannya Kalau konsumen memang melakukannnya,  dipastikan garansi akan hilang. Di buku kita sudah tulis, harus menggunakan mesin dengan oktan di atas 90,” jelas Okue.
 
Juga dijelaskan, konsumen atau pemakai Mazda MX-5 yang umumny adalah kalangaan atas sanggup membeli bensin Pertamax atau merek lain dengan oktan 92 atau lebih. “Mereka umumnya orang berada. Ya... kita minta mereka menggunakan bensin di atas 90,” tegas yang tidak menampik bisa saja ada konsumen menggunakan premium karena harganya tidak sampai separo bensin non-subisidi. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com