Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Mengudak BMW dan Mercedes-Benz

Kompas.com - 19/04/2012, 07:35 WIB

Puerto Vallarta, KompasOtomotif - Volkswagen AG terus mengudak Bayerische Motoren Werke AG (BMW) dalam peta persaingan mobil premium. Setelah  sukses mencaplok Ducati, Audi - merek premium dari kelompok VW - berniat membangun pabrik baru di Meksiko dengan target mula berproduksi pada 2016.

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini dan dilansir  Bloomberg (18/4/2012), dengan memiliki pabrik perakitan di Meksiko, Audi berpotensi mengembangkan pasarnya di Amerika Latin dan Amerika Serikat. Pasalnya, sampai kini Audi baru bisa menikmati setengah volume penjualan BMW dan Mercedes-Benz di AS.

Jadi, ambisi utama adalah mengejar ketertinggalan di AS dengan target penjualan 200.000 unit pada 2018. Tahun lalu (2011) hanya Audi hanya menjual117.600 unit di negara Paman Sam tersebut

Walter Hanek, Corporate Director Audi Meksiko mengatakan, VW mau punya pabrik baru untuk Amerika Utara, tanpa menyebutkan negara pastinya. "Dengan perkembangan yang dialami Audi saat ini, dibutuhkan fasilitas produksi baru," ujar Hanek di Puerto Vallarta, Meksiko, kemarin.

Hanek tak mau membocorkan lebih detil rencana ini. "Meksiko punya reputasi sangat bagus memproduksi dan mengekspor kendaraan," tutup Hanek.

Keputusan Audi hadir di Meksiko diambil berselang setahun setelah VW membuka pabrik baru di Tennesse, AS untuk bersaing dengan General Motors. Sementara itu, BMW punya perakitan di Carolina Selatan dan Mercedes-Benz  di Alabama.

Semua itu dilakukan VW untuk mengejarkan menjadi nomor satu pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com