Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuas Transmisi BMW Seri 7 Bermasalah

Kompas.com - 17/04/2012, 08:09 WIB

Washington, KompasOtomotif - Sejak musim gugur lalu - Agustus 2011 - Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) di Amerika Serikat menyelidiki kasus tuas transmisi pada BMW Seri 7 produksi 2002 hingga 2008. Kini - berdasarkan berita Associated Press (AP) yang dikutip The Detroit News kemarin (16/4) - kasus tersebut meningkat statusnya menjadi penyelidikan untuk analisis rekayasa dan akan berujung harus "recall". Juga dilaporkan, FBI telah menemukan 16 kasus kecelakaan yang menyebabkan 5 orang cedera dan 50 keluhan lain tentang hal ini.

Hasil Laporan Bulanan tentang Investigasi Cacat NHTSA menyebutkan, masalah ini sebagai tuduhan berlipat karena berhubungan dengan desain tuas transmisi pada BMW model E65/E66. Pada generasi ini, BMW memindahkan tuas persnelling ke balik lingkar kemudi dengan tujuan untuk memberikan kelegaan pada ruang di kotak konsol.

BMW dinilai sedikit mengabaikan tata letak standar "PRND" dan lebih memilih menggunakan tombol tekan untuk posisi "P" (parkir). Sementara menurut AP, masalah timbul akibat beberapa pengemudi banyak yang menganggap sudah berada di posisi parkir (P), kenyataannya, bingung dan transmisi masih netral (N).

Sebenarnya, desain tuas transmisi BMW Seri 7 terkini, juga berada di konsol tengah dan pengemudi masih sulit  menentukan antara posisi netral dan parkir. Namun  NHTSA belum menerima keluhan tentang hal ini produk terakhir ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com