Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian Pengemudi Remaja Meningkat!

Kompas.com - 20/02/2012, 08:50 WIB

Washington, KompasOtomotif - Kendati terjadi di Amerika Serikat, hasil studi Governors Highway Safety Association (GHSA) ini, bisa juga dijadikan cerminan kondisi lalu lintas di tanah air. Pasalnya, berdasarkan penelitian dari lembaga tersebut, kematian pengemudi remaja usia 16 dan 17 tahun meningkat sampai 11 persen pada  2011. Berdasarkan data dari 50 negara bagian, terjadi peningkatan dari 190 menjadi 211 klematian, terbesar dalam 8 tahun terakhir.

Jumlah kematian terbanyak adalah remaja 17 tahun, naik 7 persen, dari 110 menjadi 118. Sementara prosentase peningkatan terbesar terjadi pada golongan usia 16 tahun, 16 persen atau bertambah dari 80 menjadi 93. Negara bagian yang menjadi penjumbang terbesar untuk kematian pengemudi remaja ini adalah Florida, California dan Carolina Utara.

Dr Allan Williams, peneliti yang sebelumnya menjabat sebagai kepala ilmuwan Institut Asuransi Keselamatan Jalan Raya, berpendapat, kondisi tersebut terjadi karena mudahnya mendapatkan surat izin mengemudi tanpa dibekali pengetahuan dan kemampuan mengemudi yang aman. Lainnya, karena perbaikan ekonomi untuk sebagian orang, menyebabkan banyak remaja dibelikan mobil oleh orang tuanya.

Ditambahkan, kondisi tersebut sangat memprihatinkan. Untuk itu harus diberikan pendidikan cara mengemudi yang aman untuk remaja. Termasuk pecahnya konsentrasi saat mengemudi karena menggunakan telepon pintar atau gadjet saat mengemudikan mobil. Bahkan, minuman keras yang disebutkan sebagai salah satu penyebab. Tambahan lain, bisa saja narkoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com