Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Andalkan Civic dan Accord untuk Pulih

Kompas.com - 31/01/2012, 08:07 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Honda Motor Company butuh lima tahun tampil prima, yaitu mencapai produksi dan penjualan tertinggi di Amerika Utara. Pendapat itu disampaikan langsung oleh orang nomor satu perusahaan tersebut, Takanobu Ito, yang dikutip Bloomberg akhir pekan lalu.

Ditambahkan, New Accord dan Civic akan menjadi produk kunci Honda di Amerika Utara, sekaligus menggerakkan seluruh pasar global. Performa Honda akan pulih dan mulai pada Maret 2013 ke untuk kembali posisi sebelum krisis 2008. "Butuh waktu untuk kembali tumbuh positif. Penjualan di Amerika Utara akan mendorong pemulihan. Rencana peluncuran Accord baru pada musim semi akan mendongkrak penjualan kami," ujar Ito.

Dijelaskan pula, tahun ini seluruh produsen mobil Jepang akan pulih akibat gempa Jepang dan banjir di Thailand pada 2011. 

Menanggapi prediksi Ito, Mitsushige Akino, analis dari Ichiyoshi Investment Management Company di Tokyo, Jepang mengatakan, target Honda sangat agresif. "Perekonomian AS akan pulih tahun ini. Kemungkinan Honda meraihnya," jelas Akino.

Amunisi
Selain New Accord, Honda juga sangat berharap dari All-New CR-V yang sudah lebih dulu diperkenalkan. Di Amerika Serikat (AS), Honda menargetkan pertumbuhan penjualan hingga 24 persen menjadi 1,43 juta unit. Sedangkan penurunan penjualan  yang terjadi selama 2011 karena keterbatasan pasokan produk baru dan bukan permintaan menciut.

Kota Yuzawa, analis dari Goldman Sachs Group Incorporated di Tokyo menambahkan, model-model baru Honda akan mampu meningkatkan penjualan di AS di atas Hyundai  yang tidak bisa  lagi menambah jumlah produksi karena sudah maksimal. "Situasi ini menguntungkan Honda untuk meraih kembali pasarnya yang sempat hilang tahun lalu," jelas Yuzawa.

Kendati demikian, Honda harus menghadapi persaingan dengan merek lokal yang terus menunjukkan pertumbuhan positif, yaitu GM  dan Ford. 

China
Selain AS, Honda berharap bisa meraih pertumbuhan penjualan minimal 20 persen menjadi 750.000 unit di China pada tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, Honda siap meluncurkan tiga model hibrida. 

"China tetap kuat. Sekali era motorisasi mencapai pasar, situasinya tak bisa dibendung," tegas Ito. Pada 2012 ini, Honda memprediksi pasar mobil baru di China bisa menyentuh hingga 20 juta unit. Sedangkan tahun lalu 18,5 juta unit.

Tentang kondisi di Thailand, dikatakan Honda masih berbenah dan berharap pabriknya bisa kembali beroperasi pada April 2012. Ito melanjutkan, Honda mulai menerapkan strategi baru "Produksi di tempat yang menjual". Dengan filosofi ini, di Jepang Honda akan fokus memproduksi mobil-mobil kompak.

Pangsa mobil kompak berukuran tak lebih dari 3,4 meter akan melesat menjadi 40 persen tahun ini. Tahun lalu hanya 25 persen. "Mobil kompak masih jadi kunci utama di Jepang sampai lima tahun ke depan," tegas Ito.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com