Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Calon SUV Kompak Suzuki XA?

Kompas.com - 05/01/2012, 17:43 WIB

New Delhi, KompasOtomotif – Setelah sempat menggoda khalayak lewat penggalan gambar akhir tahun lalu, akhirnya Suzuki Motor Corporation memperlihatkan mobil konsep XAα (XA Alpha) di ajang Auto Show, New Delhi, Kamis (5/1/2012).  Unit ini akan dikembangkan menjadi SUV kompak terbaru Suzuki dan siap diproduksi massal 2014.

Dari bentuknya, XAα mirip dengan Vitara 2.0 tapi  bodinya lebih kompak dan elegan. Desain gril mirip generasi terakhir Jimny, model lampu seperti segitiga siku-siku dan bemper dengan airdam lebar. Benar-benar menawarkan sesuatu yang baru dari model-model Suzuki sebelumnya.

Maruti Suzuki menjelaskan, lambang  XAα untuk  alpha mencerminkan tren masa kini yang dekat dengan kaum muda di dunia. Huruf ‘A’ menunjukkan segmen yang mau dijajaki adalah mobil kompak (segmen-A) dengan panjang bodi 4 meter. Sedangkan huruf ‘X’ menginformasikan mobil ini punya darah crossover yang tangguh di dua medan on road dan off-road.

Bersama dengan Ertiga yang baru diluncurkan perdana besok (6/1/2012), kehadiran XAα menunjukkan seberapa serius Suzuki mau menggarap segmen kendaraan serba guna. Juga sebagai pemimpin pasar, Suzuki berambisi  mengisi semua segmen di India.

“India sebentar lagi menjadi salah satu pasar mobil terbesar di dunia. Maruti Suzuki akan terus memimpin pertumbuhan pasar mobil di India dengan memperkuat portofolio segmen mobil kompak, masuk ke segmen baru dan menciptakan kendaraan baru dengan beragam kategori, termasuk pilihan konsumsi bahan bakarnya,” beber Managing Director sekaligus CEO Maruti Suzuki Shinzo Nakanishi, seperti dilansir wheelsunplugged, hari ini (5/1/2012).

Nakanishi melanjutkan, nantinya produk ini menyasar ke pasar yang punya gaya hidup kalangan urban. “Produk ini menunjukkan usaha dan kinerja R&D Suzuki dan Maruti, nantinya jadi aset yang penting bagi India untuk masa depan,” tutup Nakanishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com