Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Chevrolet di India Sempat Terganggu Aksi Mogok

Kompas.com - 30/03/2011, 15:24 WIB

GUJARAT, KOMPAS.com - Aksi mogok yang dilakukan 250 pekerja General Motors di pabrik Halol, Gujarat, India sejak dua pekan lalu (16 Maret 2011) mengakibatkan kapasitas produksi  menurun sampai 30 persen menjadi 70 unit dari sebelumnya 100 unit per hari. Pemicu demo, adanya kebijakan manajemen menaikkan kapasitas produksi dari 176 unit menjadi 208 unit perhari tanpa diimbangi dengan kesejahteraan.

 "Para pekerja tak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dari gaji, lebih parah mereka justru sakit-sakitan karena beban kerja yang terlalu tinggi," jelas Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja Nihil Mehta seperti dilansir media lokal India, hari ini (30/3).

Di Halol, GM memproduksi Chevrolet Spark dan Cruze dalam dua shift kerja dan  mengaku sudah kehilangan total 850 unit produksi akibat aksi tersebut. GM sepertinya sudah sempat meminta semua pekerja yang mogok untuk segera kembali beraktivitas di pabrik pada Jumat pekan lalu (25/3), tapi tak dituruti.

Akhirnya, GM mengambil tindakan tegas dengan memutuskan hubungan kerja dan menarik pekerja baru guna mengembalikan produksi ke kondisi normal. "Produksi sekarang sudah kembali meningkat lagi, berkat tenaga baru," tegas Vice President GM India, P. Balendran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com