Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot 3008 HYbrid4, Crossover Hibrida Diesel Pertama di Dunia

Kompas.com - 25/08/2010, 08:16 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Peugeot meluncurkan crossover hibrida diesel pertama di dunia, yaitu 3008 HYbrid4. Demikian rilis yang dikirimkan perusahaan tersebut kemarin. Kombinasi yang dilakukan Peugeot adalah mesin diesel 2,0 liter HDi FAP yang menghasilkan tenaga 120kW atau 163PS untuk menggerakkan roda depan dan motor listrik 27kW atau 37PS memutar roda belakang.

Dengan cara tersebut, crossover yang juga dipasarkan di Indonesia ini (standar), bisa bekerja seperti mobil 4WD atau 4 x 4 karena bila kedua sumber penggerak diioperasikan secara bersamaan, semua roda digerakkan langsung oleh mesin dan motor listrik.

Untuk 4 x 4,  total tenaga yang dihasilkan kedua sumber penggeraknya mencapai 200 PS. Pilihan lain adalah Auto, Sport, dan ZEV. Dijelaskan pula, dengan kombinasi sumber penggerak ini, konsumsi bahan bakar mesin diesel 3008 yang sudah irit menjadi irit lagi, yaitu 26,3 km/liter atau 3,8liter/100 km.

Sedangkan emisi CO turun menjadi 99 g/km. Dijelaskan pula, dengan sistem baru ini, konsumsi bahan bakar turun sampai 35 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com