Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Pintu Mobil Seret? Nih, Cara Memperlancarnya

Kompas.com - 17/12/2009, 14:28 WIB

KOMPAS.com — Kaca pintu mobil mendadak tidak bisa diturunkan. Padahal, Anda harus masuk tol dan membayar tiket. Karena kaca macet, satu-satunya jalan adalah membuka pintu. Yang lebih menjengkelkan, kaca bisa diturunkan—meski tidak lancar—tetapi enggak bisa menutup normal, kemudian turun hujan....

Proses itu sampai bisa mengalami seret lantaran chanel kaca, yang dilapisi beledu, luput dari perawatan. Akibat sering tersengat matahari dan disiram air, karet pun jadi lengket pada kaca. Efek lainnya, karet jadi cepat getas dan kehilangan elastisitas sehingga getaran kaca tak dapat diredam.

Cara merawatnya sangat sederhana. Cukup sediakan sikat gigi, cairan penetran pembersih, lubrikan silikon, dan kain bersih. Nah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Turunkan kaca sampai paling bawah (titik maksimum). Setelah itu, semprot penetran pembersih dengan selang kecilnya ke seluruh chanel secara bertahap. Jangan berlebihan karena hal itu justru akan mengotori kaca.

2. Sikat seluruh bagian chanel kaca untuk mengusir kotoran. Bagian paling kotor biasanya berada di sisi pengemudi. Bila perlu, langkah pertama dan kedua ini dilakukan berulang kali.

3. Bersihkan sisa-sisa kotoran dengan lap bersih.

4. Gunakan silicon spray untuk melumasi chanel kaca. Naikkan kaca 3/4 kemudian mulailah untuk menyemprotkan cairan tadi menggunakan alat bantu selang kecil ke arah antara kaca dan jalurnya.

5. Naik-turunkan kaca untuk mempelancar seluruh bagian jalur kaca. Kalau masih terasa seret, semprotkan cairan tadi secukupnya. (Susanto P Ari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com