Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Navara Lahap 8.000 Km Tanpa Masalah

Kompas.com - 02/06/2016, 16:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Padang Panjang, KompasOtomotif -Ekspedisi pendakian "50 Gunung dalam 40 Hari" sudah mencapai Pulau Sumatera, terpatnya provinsi Sumatera Barat. Nissan Navara yang mengawal ekspedisi sudah menempuh lebih dari 8.000 km dengan berbagai medan ekstrem, masih tetap sehat dan bugar.

Mekanik Nissan, Widodo mengatakan, Navara belum mengganti sparepart apapun hingga kini tiba di kaki Gunung Singgalang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Padahal, Navara telah menempuh berbagai macam medan seperti berbatu, tanah gembur hingga jalan beraspal.

"Selama perjalanan belum ada penggantian spareparts. Tidak ada kerusakan karena berbagai kontur jalan yang bervariasi," kata Dodo yang mengikuti ekspedisi sejak di Karawang, Jawa Barat kepada KompasOtomotif di kaki Gunung Singgalang, Rabu (1/6/2016) sore.

Dodo menambahkan tak ada masalah yang mengganggu performa Nissan Navara selama perjalanan ekspedisi Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari. Ia mengakui performa Navara tergolong kuat menghadapi segala medan.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil Nissan Navara di batas pos pendakian terakhir di Gunung Raung, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016).

"Jalan berlubang, mendaki, berbatu tak ada masalah. Wajarnya paling hanya perawatan berkala seperti ganti air aki, oli, dan oli filter," jelas Dodo.

Menurut catatan, Nissan Navara mengganti oli mesin pada kilometer 4.180 km tepatnya di kaki Gunung Argopuro, Jawa Timur. Penggantian tersebut dilakukan oleh Mekanik Nissan yang ikut dalam ekspedisi saat itu yakni Rivai.

Navara saat ini telah menempuh total jarak 8.283, 4 kilometer. Total jarak tersebut dihitung dari perjalanan awal dari Jakarta - Ende (Nusa Tenggara Timur - Nusa Tenggara Barat - Bali - Pulau Jawa hingga tiba di Sumatera Barat.

Ikuti kisah perjalanan Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari".Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara maraton dalam 40 hari.

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com