Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Mobil Toyota Menjamur di Sumatera

Kompas.com - 08/01/2015, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai perpanjangan tangan Toyota Astra Motor (TAM), dealer utama jaringan pemasaran juga berperan membantu perkembangan komunitas pemilik mobil Toyota. Kelompok dealer terbesar TAM, Auto2000, mencatatat ada 89 komunitas di seluruh wilayah cakupannya.

Auto2000 menguasai 70-80 persen jaringan pemasaran TAM, memiliki 184 outlet kecuali di wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, Jambi, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Auto2000 mendata untuk wilayahnya pada 2012 hanya ada 26 komunitas mobil Toyota, lalu berkembang menjadi 57 komunitas pada 2013. Data terakir pada 2014 menunjukan perkembangan pesat, sekarang total komunitas Toyota berjumlah 89.

Kemas Henry Kurniawan Communication & Digital Marketing Department Head Auto2000 membeberkan wilayah yang paling berkembang adalah Sumatera, terutama di Lampung dan Padang. Kini Lampung punya 18 komunitas, bertambah 10 dari data pada 2013. Sementara di Padang pada 2014 muncul sembilan komunitas baru, sekarang jumlahnya mencapai 12 komunitas.

Total di seluruh Sumatera mencapai 36 komunitas, jumlah ini bahkan lebih banyak dari Jakarta dan Jawa Timur yang masing-masing tercatat 16 komunitas.

“Itu menunjukan Jawa dan Sumatera orang yang punya mobil baru dan mencari komunitas memang sedang berkembang. Berarti ada sesuatu yang perlu diapresiasi,” ujar Kemas kepada KompasOtomotif, Kamis (8/1/2015).

Kemas mengatakan Auto2000 mendukung klub-klub lama dan baru, termasuk di dalamnya adalah Toyota Kijang Club Indonesia, Avanza Xenia Indonesia Club, Innova Community, Terios Rush Club Indonesia, Great Corolla Club, Altis Indonesia Community, Indonesia Kijang Club, Indonesian Corolla Club, Toyota Soluna Vios Club, Toyota Avanza Club Indonesia, Toyota Yaris Club Indonesia, Velozity, dan berbagai komuitas regional.

Perkembangan komunitas Toyota di Indonesia bertumbuh seiring meningkatnya loyalitas terhadap merek dan kedatangan model baru.

“Kalau kita fungsinya hanya men-support TAM, kontrolnya tetap dari TAM, pendaftaran dan lain sebagainya dari TAM. Selama ini benefit buat klub hanya berdasarkan kedekatan dengan dealer, sekarang kami sedang mengusahakan ada program baru,” tutup Kemas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com