Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Vespa Modif Dilarang Masuk Mal, Bagaimana Aturannya?

Kompas.com - 26/10/2024, 13:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu video yang viral di media sosial memperlihatkan pemilik Vespa yang sudah dimodifikasi tidak terima ditegur oleh sekuriti sebuah mal di Bekasi, Jawa Barat.

Dari video yang diunggah akun Instagram @awreceh.id (26/10/2024) diketahui bahwa Vespa tersebut telah mengalami modifikasi dengan lebar yang hampir menyamai mobil.

Kemudian pengendara Vespa tersebut masuk ke area parkir mal melalui jalur mobil, bukan melalui jalur sepeda motor.

Baca juga: Bus DAMRI Lampung-Jakarta Lewat Rute Baru, Tarif mulai Rp 300.000

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???????????????????? ???????????????????? (@awreceh.id)

Warganet pun saling beradu argumen di kolom komentar. Kira-kira bagaimana aturan parkir buat kendaraan yang sudah modifikasi seperti dalam kasus Vespa tersebut?

Menanggapi hal ini, Ketua Indonesia Parking Assocation (IPA) Rio Octaviano, mengatakan, motor yang masuk ke area parkir melalui jalur mobil akan dikenakan tarif mobil bukan tarif motor.

“Karena dia masuk di akses pintu mobil, jadi di pintu keluar asumsinya dia harus bayar setara biaya parkir mobil,” ujar Rio, kepada Kompas.com (26/10/2024).

Baca juga: Pengguna Motor Injeksi Harus Tahu, Ini Gejala Injektor Mulai Rusak

“Kalau menurut saya, pada intinya bukan masalah tarif, masalahnya sekarang adalah mau parkir di mana motor tersebut,” kata dia.

“Harusnya dia diperlakukan seperti moge (motor gede), karena moge itu kan punya tempat khusus. Nah di tempat khusus itulah dia parkir,” ucap Rio.

Meski begitu, tidak semua mal menyediakan parkir khusus moge. Apalagi lokasi parkir moge biasanya terletak di area lobi atau depan mal.

Baca juga: Kasus Kebakaran Bus Pariwisata, Ini Kata Daimler

Kondisi kantong parkir yang disediakan penyelenggara di dekat Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/5/2023).KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Kondisi kantong parkir yang disediakan penyelenggara di dekat Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/5/2023).

“Jadi ini kasus yang unik, dan memang akan menjadi kebijakan tersendiri dari masing-masing properti,” kata Rio.

“Parkir khusus moge juga sesuai kebijakan mal. Memang untuk saat ini belum pernah dengar parkir untuk Vespa modifikasi. Walaupun anak-anak Vespa itu sebetulnya banyak yang tajir-tajir juga,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau